Apple Diprediksi Bakal Wujudkan Fitur <i>Always on Display</i> di iPhone 14
Apple akhirnya dapat menghadirkan tampilan selalu aktif . (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akhirnya dapat menghadirkan tampilan selalu aktif (always ion display) ke iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan datang. Menurut laporan dari Mark Gurman dari Bloomberg, Apple dapat memperkenalkan fitur tersebut dengan iOS 16, yang memungkinkan iPhone untuk menampilkan informasi dalam jumlah terbatas bahkan ketika terkunci.

Gurman mengatakan versi iPhone dari mode selalu aktif dapat bekerja dengan cara yang sama dengan Apple Watch Series 5 dan lebih tinggi – iPhone 14 Pro dan Pro Max akan menurunkan kecepatan bingkai layar kunci dengan mode selalu aktif diaktifkan, dan membiarkan mereka menghemat energi saat layar tetap menyala.

Tidak jelas apakah iPhone baru akan menggunakan layar polikristalin oksida (LTPO) suhu rendah yang sama dengan yang digunakan Apple dalam model Watch yang lebih baru. Layar berdaya rendah ini memainkan peran besar dalam membuat mode selalu aktif berfungsi dengan baik, karena dibuat untuk menjaga perangkat agar tidak menghabiskan terlalu banyak daya.

Untuk fitur tersebut, Apple sebenarnya jauh tertinggal dibanding Samsung atau perangkat Android lainnya.  Tahun lalu, analis memperkirakan bahwa iPhone 13 akan hadir dengan layar LTPO untuk mengaktifkan layar selalu aktif.

Sejumlah perangkat Android sudah mendukung mode selalu aktif  bahkan sudah ada selama bertahun-tahun. Pada perangkat Samsung tertentu, misalnya, tampilan selalu aktif dapat menunjukkan waktu, level baterai, widget, dan lainnya, semuanya saat ponsel tetap terkunci.

Gurman mengharapkan iOS 16 hadir dengan fungsionalitas serupa, termasuk wallpaper dengan "kemampuan seperti widget." Layar selalu aktif bukan satu-satunya fitur yang dikatakan eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max, karena kebocoran sebelumnya menunjukkan bahwa Apple hanya dapat menyertakan chip A16 baru dengan dua perangkat premium.

Apple akan mengumumkan sejumlah perubahan lain di Worldwide Developers Conference (WWDC) yang semakin dekat pada 6 Juni. Sejalan dengan prediksi sebelumnya, Gurman percaya bahwa Apple dapat memperkenalkan fitur windowing dan multitasking yang ditingkatkan di iPad.

Dia mengutip temuan dari pengembang Steve Troughton-Smith, yang baru-baru ini menemukan bahwa Apple mungkin sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran jendela dengan bebas.

Apple juga dapat merombak beberapa aplikasinya, selain menambahkan fitur audio baru ke Pesan, Gurman memperkirakan Apple akan mengubah menu System Preferences untuk membuatnya lebih seperti aplikasi Pengaturan di iOS.