Catat! Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Always On Display di iPhone
 Tampilan fitur Always On Display di iPhone /DOK Apple

Bagikan:

JAKARTA – Fitur Always on Display (AOD) bukan temuan baru di dunia teknologi. Fitur ini sudah ada sejak tahun 2009, tetapi Apple baru menambahkan fitur tersebut ke versi iOS 16.2 tahun lalu.

Sama seperti fitur AOD pada umumnya, fitur AOD di perangkat iOS bisa melihat tanggal, cuaca, jam, hingga widget yang diinginkan tanpa perlu menyalakan layar. Fitur ini terus ditingkatkan oleh Apple, bahkan hingga pembaruan OS mereka yang terakhir, yaitu iOS 17.2.1.

Di versi iOS terbaru, pengguna iPhone bisa mengaktifkan fitur AOD secara otomatis melalui Filter Fokus, yaitu fitur yang membantu pengguna untuk fokus dan mengurangi gangguan, dan aplikasi Shorcut. Cara mengaktifkan fiturnya pun tidak sulit.

Untuk mengaktifkan AOD melalui Filter Fokus, mengutip dari 9to5mac, Anda perlu membuka Pengaturan di perangkat iPhone 14 Pro ke atas. Pastikan bahwa perangkat yang Anda telah menggunakan versi iOS 16.4 atau yang paling terbaru.

Kemudian, klik menu Focus dan pilih tipe focus yang sudah ada atau buat yang baru. Setelah memilih tipe fokus yang diinginkan, gulir layar ke bawah hingga melihat opsi Tambahkan Filter, kemudian pilih menu Always On Display.

 

Pastikan fitur AOD Anda dalam keadaan menyala sebelum mengeklik opsi Tambah di bagian pojok kanan atas. Secara otomatis, fitur AOD Anda sudah aktif dan Anda bisa melihat beragam notifikasi tanpa perlu membuka lock screen.

Cara lain untuk mengaktifkan fitur AOD adalah dengan aplikasi Shorcut. Buka aplikasi tersebut dan ketuk tanda plus di pojok kanan atas, kemudian pilih Add Action. Setelah itu, cari menu Set Always On Display di kotak pencarian.

Jika sudah muncul, ketuk tombol hidupkan pada penyesuaian yang Anda inginkan di fitur tersebut. Selanjutnya, klik Selesai di sudut kanan atas layar untuk menyelesaikan pengaturan dari fitur AOD. Sekarang, fitur AOD di perangkat Anda sudah menyala secara otomatis.