5 Tips Ampuh Jaga <i>Casing</i> HP Anda Agar Tak Gampang Rusak
Casing HP adalah aksesoris sekaligus pelindung yang paling umum digunakan untuk menjaga smartphone . (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Casing HP adalah aksesoris sekaligus pelindung yang paling umum digunakan untuk menjaga smartphone kita dari goresan maupun benturan. Saat ini sudah terdapat cukup banyak variasi case hp untuk masing-masing merk dan seri smartphone yang telah beredar di pasaran. Mulai dari case yang didesain dengan bentuk karakter lucu, gambar print keren, hingga yang dilengkapi teknologi ampuh anti benturan sebagai perlindungan ekstra untuk smartphone Anda.

Tak seperti masa lalu, akses untuk beli casing HP kini juga sudah jauh lebih mudah. Tak harus mendatangi toko atau mall besar, Anda bisa memilih berbagai jenis casing HP dari ribuan toko online yang tersedia di internet. Kehadiran e-commerce juga membuat jual beli casing HP ini jauh lebih nyaman, sebut saja di antaranya e-commerce Blibli yang menyediakan jutaan produk pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, jika Anda sudah memiliki casing HP yang sesuai dengan selera perlindungan untuk smartphone Anda, pastikan juga Anda merawatnya dengan baik agar casing HP Anda tak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama untuk melindungi HP Anda, ya. Jika Anda tak yakin bagaimana cara merawat casing HP Anda, berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda gunakan sebagai titik mulai perawatan aksesoris HP Anda satu ini.

1. Jangan Melipat Casing HP Bergambar

Pada beberapa casing HP dengan material plastik atau silicon, biasanya terdapat dekorasi print gambar. Meskipun bahannya termasuk jenis soft case, sebaiknya Anda tidak melipat atau menekuk casing HP tersebut. Hal ini dikarenakan print gambar yang ada pada case HP tersebut akan berisiko rusak karena sifat cetakan gambar tersebut tidaklah elastis seperti bahan casing HP-nya.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga gambar yang tercetak dari goresan benda tajam. Tentu karena hal tersebut dapat merusak gambar sehingga casing HP Anda jadi terlihat kurang bagus.

2. Jangan Meletakkan Casing HP di Tempat Kotor

Meskipun terdengar sebagai suatu hal yang sudah pasti, namun pada kenyataannya masih banyak pengguna yang meletakkan HP di sembarang permukaan. Meskipun dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan lap atau tisu, namun ada beberapa jenis noda yang akan sulit untuk dibersihkan. Belum lagi jika ternyata ada cairan atau kotoran yang dapat merusak lapisan casing HP tersebut.

Jadi, meskipun HP Anda terlindung dengan casing, ada baiknya jika Anda lebih memperhatikan permukaan tempat Anda meletakkan HP. Jika sedang tidak memungkinkan untuk menyimpan HP di kantong atau di dalam tas, bersihkanlah lebih dahulu permukaan tempat Anda akan meletakkan HP Anda. Anda juga bisa menggunakan alas seperti tisu agar HP Anda tidak bersentuhan langsung dengan permukaan kotor tersebut.

3. Hindari Casing HP dari Sinar Matahari Langsung

Sudah bukan rahasia kalau terik matahari mengandung sinar ultraviolet yang kurang baik untuk kulit kita. Namun ternyata tak hanya kulit, permukaan casing HP Anda juga bisa rusak jika terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari langsung, lho.

Sinar ultraviolet tersebut dapat merusak dan merubah warna case HP Anda. Seiring waktu, warnanya akan berubah jadi lebih menguning dan membuat case HP Anda jadi terlihat lusuh. Untuk menghindarinya, pastikan untuk tak terlalu lama membiarkan HP Anda beserta casingnya terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

4. Hindari Menyentuh Casing HP dengan Tangan yang Kotor

Satu lagi poin yang terasa cukup jelas, namun masih saja sering dilakukan oleh sebagian banyak orang. Tak hanya saat makan menggunakan tangan, kadang keringat dan krim tangan yang biasa Anda gunakan juga kerap menempel pada case HP. Membuat casing smartphone Anda jadi lembab, lebih cepat kotor, serta menguning.

Karena itu, biasakan untuk membersihkan atau mengeringkan tangan Anda sebelum mengambil HP. Namun, jika pada beberapa waktu hal ini memang sulit untuk dihindari, pastikan untuk segera membersihkan HP dan case HP Anda setelahnya. Agar kotoran maupun kelembaban yang tersisa pada permukaan HP Anda tak menempel terlalu lama.

5. Bersihkan Casing HP Sesuai Materialnya

Plastik, silicon, bahkan kayu, casing HP kini telah hadir dengan beragam jenis bentuk serta material bahan pembuatannya. Sesuai bahannya, cara pembersihannya pun akan berbeda. Karena itu, pastikan Anda membersihkan case HP Anda dengan cara yang tepat sesuai jenisnya.

Untuk casing HP dengan bahan dasar karet atau silicon, gunakanlah sabun cuci piring dan spons biasa. Karena bahannya yang lembut, memang dibutuhkan beberapa kali proses pembersihan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun jika nodanya masih membandel, Anda bisa coba menggunakan baking soda yang dicampur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Gunakanlah sikat gigi yang lembut untuk menggosok permukaan case HP tersebut,

Sementara untuk casing berbahan plastik, Anda juga bisa membersihkannya dengan sabun cuci piring dan spons biasa. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pemutih, namun pastikan untuk menggunakan sarung tangan, masker mulut, dan membuka jendela untuk ventilasi yang lebih baik karena bahan kimia dalam pemutih tidak baik untuk kulit dan juga organ pernapasan kita.

Kemudian untuk case HP yang terbuat dari material kayu, gunakanlah larutan cuka dengan perbandingan 1:2 air dan cuka. Jangan merendam casing ke dalam larutan tersebut, tapi gunakanlah botol semprot dan kain lembab untuk meratakan serta membersihkannya. Setelah itu, gunakan handuk kering untuk menyerap sisa-sisa kelembaban pada permukaan casing HP kayu tersebut.