Ini Tips Jitu Menghindari Situs Web Palsu yang Mengatasnamakan Film Barbie
Tips keamanan siber.(Foto: Pixabay) 

Bagikan:

JAKARTA - Euforia Barbie dan Oppenheimer ternyata menjadi ladang bagi para aktor jahat dalam mengambil kesempatan untuk mengeksploitasi popularitas kedua film tersebut untuk melancarkan aksi jahat mereka. 

Kaspersky menemukan bahwa scammers menipu pengguna dengan mendistribusikan penipuan phishing, yang memangsa euforia seputar rilis film, dengan tujuan penipuan untuk memperoleh uang dan data pribadi korban.

Menurut Kaspersky, sangat penting untuk mempertahankan pola pikir waspada dan mempraktikkan kebiasaan online yang aman, agar dapat sepenuhnya menikmati pengalaman Barbie dan Oppenheimer sambil melindungi diri dari ancaman dunia maya yang mengintai di dunia digital.

Agar tetap aman saat menikmati keseruan seputar pemutaran perdana film, pakar Kaspersky merekomendasikan beberapa langkah ini:

  • Berhati-hatilah terhadap penipuan phishing: Waspadalah terhadap email, pesan, atau situs web mencurigakan yang menawarkan penawaran eksklusif. Periksa ulang keaslian sumber sebelum membagikan informasi pribadi apa pun atau melakukan transaksi online.
  • Verifikasi keamanan situs web: Pastikan situs web tersebut memiliki koneksi yang aman. Cari "https://" di URL dan simbol gembok di bilah alamat untuk menunjukkan situs web yang aman.
  • Gunakan solusi keamanan: Gunakan solusi keamanan yang andal untuk mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Berhati-hatilah saat berbagi informasi pribadi secara online, terutama detail sensitif seperti alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan Anda. Hanya bagikan informasi tersebut pada platform terpercaya dan aman.
  • Hanya bergantung pada sumber terpercaya: Andalkan situs web resmi, dan sumber terpercaya untuk membeli merchandise, mengakses konten film, atau mendapatkan informasi terkait pemutaran perdana. Hindari sumber tidak resmi atau mencurigakan yang mungkin mencoba mengeksploitasi euforia Anda.