Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan skema penipuan phishing terbaru di tengah euphoria pemutaran film "Joker: Folie à Deux" di bioskop di seluruh dunia.

Dalam temuannya, pakar Kaspersky berhasil mengidentifikasi penipuan phishing yang melibatkan penawaran palsu untuk berlangganan guna menonton film tersebut secara gratis.

Di situs web palsu tersebut, pengguna diminta memasukkan informasi kartu kredit mereka untuk mendaftar.

Setelah para penipu memperoleh akses ke detail kartu korban, mereka akan menggunakannya untuk transaksi penipuan atau untuk berjualan di dark web.

Selain itu, ada juga penipuan yang berkedok merek film Joker untuk memikat korban ke dalam skema investasi palsu, hadiah cuma-cuma, atau jebakan serupa.

Dalam skema ini, para penjahat siber membuat situs web phishing yang mengklaim menawarkan akses gratis ke film tersebut.

Saat pengguna mencoba memutar video, mereka akan diarahkan ke halaman lain yang menawarkan hadiah menggiurkan.

Dalam kasus yang diungkap oleh Kaspersky, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi, sehingga pelaku dapat menghubungi mereka dengan peluang investasi palsu, atau detail kartu kredit, misalnya, untuk membayar pengiriman hadiah.

Untuk melindungi diri dari risiko terkait phishing, penggemar film Joker harus mengambil tindakan pencegahan saat menjelajahi konten daring, dengan memperhatikan hal berikut:

  • Waspada terhadap email, pesan, atau situs web mencurigakan yang menawarkan penawaran eksklusif atau gratis. Selalu verifikasi sumber sebelum membagikan informasi pribadi atau keuangan.
  • Berhati-hati saat memberikan informasi sensitif secara daring, seperti alamat, nomor telepon, atau detail keuangan Anda, dan hanya gunakan platform yang aman.
  • Pastikan situs web memiliki koneksi yang aman dengan mencari "https://" di URL dan simbol gembok di bilah alamat.
  • Gunakan solusi keamanan yang dapat mengidentifikasi situs berbahaya dan phishing.
  • Tetap gunakan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber yang memiliki reputasi baik untuk konten apa pun guna menghindari penipuan.