Waspada Phishing Streaming Film Ilegal, Begini Cara Mengatasinya!
Foto: Tampilan situs streaming phishing (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Academy Awards ke-96, yang memberikan penghargaan kepada film-film terbaik tahun 2023, telah berlangsung di Dolby Theatre di Hollywood pada 10 Maret.

Perhelatan Oscar ini kemudian secara signifikan meningkatkan minat publik terhadap film-film yang dinominasikan. Fenomena ini tentunya tidak luput dari perhatian para penipu online.

Para penjahat akan memanfaatkan rasa ingin tahu yang meningkat ini, dengan membuat situs web phishing yang menjanjikan akses gratis ke film-film populer tersebut. Untuk itu, Kaspersky akan menjabarkan bentuk-bentuk penipuan yang memanfaatkan kesempatan dari perhelatan ini, di antara lain:

Situs web streaming palsu

Dalam kasus ini, penipu akan membuat situs web streaming palsu yang menjanjikan akses ke film-film Oscar tersebut. Untuk mendapatkan akses yang dianggap "gratis", pengguna ditipu untuk mendaftar berlangganan dengan memberikan informasi kartu kredit mereka.

Sayangnya, setelah memasukkan detail pribadi, pengguna tidak menerima akses ke film tersebut, dan sebaliknya, informasi pribadi mereka jatuh ke tangan penipu.

Pengunduhan film palsu

Beberapa situs web yang menawarkan download film populer juga bisa menjadi jebakan phishing. Situs-situs ini mungkin menawarkan beberapa opsi pengunduhan untuk sebuah film, namun mengeklik tautannya tidak memulai pengunduhan.

Sebaliknya, pengguna dialihkan ke halaman lain yang penuh dengan penipuan, seperti pemberian uang palsu atau pengundian hadiah. Terlibat dengan halaman-halaman ini dapat menyebabkan hilangnya data pribadi dan aset keuangan.

Untuk menghindari phishing seperti itu, Kaspersky membagikan beberapa langkah sederhana yang akan membantu Anda:

1. Verifikasi keabsahan situs web. Sebelum melakukan streaming atau mendownload film, selalu periksa kredibilitas websitenya, atau gunakan platform terpercaya yang direkomendasikan oleh sumber sah

2. Berhati-hati terhadap tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika sebuah situs menawarkan akses gratis ke film yang sedang tayang di bioskop atau baru saja dirilis, kemungkinan itu adalah penipuan. Ketika akses film “gratis” mengharuskan memasukkan rincian bank

3. Melakukan pencarian review atau komentar tentang website

4. Pertimbangkan untuk menggunakan solusi keamanan yang andal. Lindungi perangkat Anda dengan menginstal perangkat lunak antivirus dan alat keamanan web terkemuka.