Satu Keluarga WN Palestina Mengemis di Menteng Jakpus
Satu keluarga asal Palestina mengemis di Menteng Jakpus/ tangkap layar

Bagikan:

JAKARTA - Miris, satu keluarga Warga Negara Asing (WNA) asal Palestina kedapatan mengemis kepada sejumlah pejalan kaki di Jalan Cikini Raya, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Mereka terdiri dari suami, istri dan dua anak.

Berawal ketika seorang warga yang tengah duduk di pinggir jalan dimintai uang oleh seorang wanita bersama dua anaknya, dan mengaku dari Palestina.

Berbicara menggunakan bahasa Arab, wanita itu menadahkan tangan kanannya kepada warga untuk berharap belas kasih. Menyadari ada yang tak biasa, warga langsung merekam menggunakan handphone, meski akhirnya memberikan uang kepada wanita tersebut.

Wanita bersama suami dan anaknya itu mengaku tidak bisa berbahasa Indonesia.

Kasudin Sosial Jakarta Pusat, Abdul Salam mengaku sudah mengetahui video yang beredar itu. Pihaknya pun sudah melakukan penyisiran di lokasi, namun ia tidak menemui keluarga yang dimaksud.

"Tiga hari lalu saya telah perintahkan anggota untuk melakukan pejangkauan, namun tidak ditemukan," ucap Abdul Salam saat dikonfirmasi, Senin, 4 Maret.

Dalam penanganan WNA tersebut, Sudin Sosial Jakarta Pusat pun akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti Kementrian Sosial, Kantor Imigrasi, Satpol PP dan Kesbangpol.