Lagu That That oleh PSY dan Suga 'BTS' Jadi Musik yang Paling Banyak Diminati Anak-anak di YouTube
Program acara yang diminati dan paling banyak dilihat anak-anak pada periode Maret hingga Mei 2022 (Foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Kaspersky Safe Kids merilis riset terbarunya tentang program acara yang diminati dan paling banyak dilihat anak-anak dalam periode Maret hingga Mei 2022. Program acara populer seperti The Oscars menjadi tren dan ada beberapa perubahan dalam segmen gaming yang makin diminati anak-anak seperti gim ‘Backrooms’. Sementara itu, di segmen musik, musisi asal Korea PSY semakin tenar dengan lagu ‘That That’ yang dirilis bersama BTS SUGA.

Musim semi 2022 dipenuhi dengan program populer seperti Oscars yang menjadi berita utama. Lagu-lagu baru juga banyak yang dirilis dan menjadi tren di internet. Termasuk gim ‘The Backrooms’ yang kembali muncul. Semua peristiwa yang berlangsung tersebut diikuti dengan cermat oleh anak-anak dan mempengaruhi minat mereka. Hasil tersebut diperoleh dari data anonim yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids seperti permintaan pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs website yang diminta.

Segmen musik juga merupakan salah satu kategori paling populer di YouTube. Di tangga musik paling atas bertengger solois asal Korea PSY dengan single terbarunya ‘That That’ yang berkolaborasi bersama SUGA dari grup BTS. Pendatang baru populer lainnya adalah We Don't Talk About Bruno dari film Disney, Encanto.

Berbicara tentang film dan kartun, banyak permintaan dari anak-anak di YouTube untuk mengkhususkan channel My Story Animated. Cerita dari channel tersebut disebut sangat menjiwai, diklaim nyata dan dan dikirimkan kepada para remaja. Sementara di kategori film, 'The Bad Guys', 'Sonic the Hedgehog 2', 'Rock Dog 2' dan 'Heartstopper' menjadi film yang paling banyak ditonton.

Hasil penelitian lain juga disebutkan, pada musim semi yang lalu, anak-anak juga tertarik dengan software, audio dan video (43,6 persen), komunikasi internet (17,2 persen), dan kategori web e-commerce (16,1 persen).

Selanjutnya, adapun aplikasi paling populer di Android adalah YouTube (31,6 persen), TikTok (19 persen) dan WhatsApp (18,3 persen). Untuk program Windows, di tempat pertama dengan keunggulan besar, adalah Google Chrome (44,7 persen), disusul oleh Browser Microsoft, Microsoft Edge, berhasil mendapatkan 12,6 persen, dan di tempat ketiga adalah platform perpesanan, Discord, dengan pangsa pasar mencapai 9,8 persen.

“Tren dan peristiwa baru dalam budaya populer berdampak signifikan pada minat anak-anak. Minat anak-anak berubah dengan cepat. Perubahan tersebut harus diimbangi dengan peran orang tua yang lebih memahami anak-anak mereka dan membangun hubungan yang dekat dengan mereka. Dengan begitu akan berguna untuk mengeksplorasi minat dan hobi mereka bersama-sama. Aplikasi parental control modern adalah salah satu cara untuk membantu hal ini,” komentar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky.