Jerman Akan Ambil Tindakan Terhadap Dominasi Pasar Apple
Presiden Bundeskartellamt Andreas Mundt. (foto: twitter @_Kaari_N ·)

Bagikan:

JAKARTA - Jerman membuka kemungkinan untuk mengambil tindakan terhadap Apple setelah badan pengawas persaingan memutuskan bahwa dominasi pasar perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut membuatnya layak untuk menerima tindakan tersebut, demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan pada  Rabu, 5 April.

"Badan pengawas Bundeskartellamt telah menetapkan Apple sebagai perusahaan yang sangat penting untuk persaingan lintas pasar", kata badan tersebut.

"Perusahaan tersebut - dimulai dengan perangkat seluler seperti iPhone- adalah operator dari ekosistem digital yang komprehensif dengan signifikansi yang tinggi untuk persaingan tidak hanya di Jerman, tetapi juga di Eropa dan seluruh dunia," kata Presiden Bundeskartellamt Andreas Mundt, seperti dikutip Reuters.

"Berdasarkan keputusan regulator tersebut, mereka dapat menargetkan praktik yang membahayakan persaingan dan praktik lainnya dan secara efektif mencegahnya", tambahnya.

Apple mengatakan akan terus bekerja sama dengan kantor kartel untuk memahami kekhawatirannya, tetapi berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

"Penunjukan (kantor kartel) tersebut menyesatkan persaingan sengit yang dihadapi Apple di Jerman, dan itu mengabaikan nilai dari model bisnis yang menempatkan privasi dan keamanan pengguna di intinya," kata juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Reuters.

Otoritas Jerman sebelumnya telah menetapkan induk Google, Alphabet, dan pemilik Facebook, Meta, sebagai perusahaan yang sangat penting untuk persaingan lintas pasar.