Microsoft Luncurkan Pembaruan Notepad di Windows 11, Bisa Lacak Jumlah Karakter
Pelacakan jumlah karakter di Notepad (foto: Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir, Microsoft secara bertahap meningkatkan aplikasi Notepad bawaannya di Windows 11. Sekarang, Microsoft meluncurkan pembaruan untuk Notepad (versi 11.2311.29.0) ke Windows Insiders. 

Melalui pembaruan ini, raksasa teknologi itu memperkenalkan dua peningkatan baru ke Notepad, termasuk kemampuan untuk mengedit file dan menghitung jumlah karakter.

Edit in Notepad

Pembaruan pertama adalah opsi Edit in Notepad, yang memungkinkan pengguna dapat mengakses Notepad dengan mudah untuk modifikasi file langsung dari File Explorer. 

Untuk menemukan opsi Edit in Notepad di menu konteks, Anda hanya perlu mengklik kanan pada file apa pun atau beberapa file di File Explorer. Ini adalah cara cepat dan efisien untuk membuka dan mengedit file di Notepad. 

Jumlah Karakter (Character count

Sebelumnya, And tidak dapat mengetahui berapa banyak karakter yang sudah Anda ketik di Notepad. Tapi, dengan fitur baru ini, Anda bisa mengetahui panjang dokumen Anda dengan tampilan jumlah karakter baru di bilah status. 

Mirip seperti di Word, saat teks dipilih, bilah status akan memperlihatkan jumlah karakter untuk teks yang dipilih dan keseluruhan dokumen. Jika tidak ada teks yang dipilih, jumlah karakter untuk keseluruhan dokumen akan ditampilkan. Sehingga, memastikan Anda selalu dapat melihat dengan jelas panjang dokumen Anda.