Bagikan:

JAKARTA - Pada Senin, 11 Desember, TikTok akhirnya mengumumkan bahwa mereka resmi menggandeng GoTo sebagai mitra strategisnya untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

“Hari ini, dengan senang hati kami umumkan kemitraan strategis antara Tik Tok dan GoTo dalam rangka mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia secara keseluruhan,” tulis TikTok dalam sebuah pernyataannya. 

Bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan berlangsung pada 12 Desember mendatang, kemitraan pertama TikTok dan GoTo akan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’. 

“Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 9:00 WIB, Seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center,” tambah perusahaan. 

Sebelumnya, TikTok Shop resmi ditutup oleh pemerintah Indonesia pada 4 Oktober lalu. Alasannya adalah, berdasarkan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar AS, sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” jelas perusahaan.