Bagikan:

JAKARTA - TikTok mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kemitraan strategis dengan PT Goto Gojek Tokopedia. Pengumuman ini secara resmi dibagikan pada Senin, 11 Desember.

Dari rilis resminya, TikTok menyatakan bahwa mereka akan berinvestasi sebesar 1,5 milar dolar AS atau sekitar Rp23 triliun. Dengan kerja sama ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop akan beroperasi di bawah kendali PT Tokopedia.

TikTok mengatakan bahwa mereka ingin memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia serta memperluas pasar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain menguntungkan pelaku UMKM, kerja sama ini diharapkan bisa menguntungkan GoTo.

“(Kerja sama) ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek,” tulis TikTok dalam rilis resmi.

Kerja sama antara GoTo dan TikTok akan melalui uji coba pertama dengan pengawasan langsung dari kementerian serta lembaga terkait. Program kemitraan ini akan dilaksanakan secara perdana pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember.

“Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” jelas TikTok.

Dengan bergabungnya TikTok di bawah kendali Tokopedia, TikTok ingin mengajak lebih banyak pelaku UMKM untuk bergabung ke e-commerce mereka. Platform itu meyakini bahwa TikTok Shop bisa membawa jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun ke depan.