Bagikan:

JAKARTA - Kemitraan Microsoft  dengan pembuat ChatGPT, OpenAI, sedang diawasi secara ketat oleh otoritas antimonopoli AS dan Inggris. Hal ini disampaikan regulator Inggris dan laporan media pada Jumat, 8 Desember, menyusul pertarungan di dewan direksi startup tersebut yang mengakibatkan pemecatan mendadak dan kembalinya sang CEO, Sam Altman.

Setelah episode dramatis bulan lalu, Microsoft, pendukung besar OpenAI, diberikan posisi pengamat non-pemilih di perusahaan oleh dewan direktur baru yang terdiri dari tiga anggota awal. Perwakilan Microsoft dapat menghadiri pertemuan dewan OpenAI dan mengakses informasi rahasia, tetapi tidak dapat memberikan suara dalam hal-hal termasuk pemilihan atau pemecatan direktur.

Perusahaan belum mengungkapkan siapa dari Microsoft yang akan mengambil posisi non-pemilih dan seperti apa dewan direksi OpenAI yang final.

Induk OpenAI adalah perusahaan nirlaba, jenis entitas yang jarang menjadi subjek pengawasan antimonopoli. Pada tahun 2019, mereka mendirikan anak perusahaan berbentuk usaha, di mana Microsoft memiliki 49% saham. Namun, juru bicara Microsoft membantah hal tersebut pada Jumat. Mereka mengatakan rincian perjanjiannya bersifat rahasia, bahwa mereka tidak "memiliki bagian apapun" dari OpenAI, dan berhak mendapatkan bagian dari keuntungan.

Perusahaan perangkat lunak ini telah berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari 10 miliar dolar AS (Rp154 triliun) ke startup ini, yang memungkinkannya memimpin dalam perlombaan pendapatan AI dengan Google milik Alphabet.

"Terkait dengan tata kelola OpenAI, baru-baru ini telah terjadi beberapa perkembangan, beberapa di antaranya melibatkan Microsoft," kata Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris pada Jumat lalu.

CMA tengah meninjau apakah akan meluncurkan penyelidikan terhadap investasi Microsoft untuk melihat apakah itu bisa merugikan persaingan di Inggris.

Federal Trade Commission (FTC) AS juga sedang meneliti apakah investasi tersebut melanggar hukum antimonopoli, seperti laporan Bloomberg News. FTC menambahkan bahwa penyelidikan tersebut masih bersifat preliminer dan lembaga tersebut belum membuka penyelidikan resmi.

FTC menolak untuk memberikan komentar. Presiden Microsoft, Brad Smith, mengatakan dalam pernyataan bahwa "hal satu-satunya yang berubah adalah bahwa Microsoft sekarang akan memiliki pengamat non-pemilih di dewan OpenAI."

"(Itu) sangat berbeda dengan akuisisi seperti pembelian DeepMind oleh Google di Inggris," tambahnya, merujuk pada kesepakatan oleh pesaing utamanya pada tahun 2014.

"Penyelidikan regulator lainnya bisa mengikuti mengingat konsentrasi yang semakin meningkat dalam bidang kecerdasan buatan," kata Max von Thun, Direktur Eropa di Open Markets Institute, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada penguatan hukum antimonopoli.

"Sangat penting bagi otoritas antimonopoli untuk bergerak cepat untuk menyelidiki kesepakatan ini, termasuk pembubaran jika diperlukan, untuk menjaga persaingan dan mencegah teknologi penting ini menjadi monopoli," kata von Thun.

Regulator antimonopoli Uni Eropa mengatakan mereka telah mengikuti "dengan sangat cermat situasi kontrol."

CMA Inggris telah mengundang pihak-pihak yang berkepentingan seperti Google untuk memberikan komentar pada tinjauan hingga 3 Januari 2024.

"CMA perlu menemukan bukti bahwa hasil konflik baru-baru ini dari kasus Altman telah menyebabkan perubahan material dalam tata kelola OpenAI dan pengaruh Microsoft terhadap urusannya," kata Alex Haffner, ahli hukum persaingan dan mitra di Fladgate.

Bahkan jika mereka tidak mengejar penyelidikan penuh, penyelidikan preliminer akan memberikan informasi lebih baik untuk pengawasan lebih luas CMA terhadap sektor kecerdasan buatan yang berkembang pesat, katanya.

Microsoft baru-baru ini terlibat dalam perselisihan dengan kedua FTC dan CMA terkait akuisisi senilai 69 miliar dolar AS (Rp1.074,5 triliun) terhadap pembuat gim video "Call of Duty" Activision Blizzard atas kekhawatiran antimonopoli.

CMA telah menghalangi kesepakatan Activision sebelumnya dalam tahun tersebut, tetapi kemudian mengubah pendiriannya setelah Microsoft memperbarui rencana akuisisinya.