YOGYAKARTA – TikTok baru saja mengumumkan kemitraan strategis bersama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). Sebagai bagian dari kemitraan itu, bisnis TikTok Shop resmi bergabung dengan Tokopedia.
TikTok Resmi Gabung Tokopedia: Nilai Investasi
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) Selaku induk Tokopedia menyampaikan bergabungnya platform e-commerce milik TikTok itu dengan Tokopedia merupakan sebuah kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
“Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” ujar Goto dalam siaran persnya, Senin, 11 Desember 2023, dikutip VOI.
TikTok disebut menggelontorkan dana sebesar 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp24,3 triliun untuk menjadi pengendali unit e-commerce milik GoTo.
Dana tersebut digunakan untuk membeli 75,01 persen saham Tokopedia milik GoTo seharga 840 juta dolar AS dan menyuntikkan bisnis TikTok Shop di Indonesia ke dalam entitas Tokopedia yang lebih besar.
“TikTok menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” tutur GoTo.
Kesepakatan itu diharapkan dapat rampung pada kuartal pertama 2024. Kedua pihak bakal membentuk komite untuk memfasilitas transisi dan integrasi yang diketahui oleh CEO GoTo Patrick Walujo, dengan dukungan perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam kesepakatan investasi ini, Goldman Sachs – perusahaan investasi asal Amerika Serikat – ditunjuk sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.
TikTok Resmi Gabung Tokopedia: Uji Coba Harbolnas
Kemitraan strategis TikTok Shop Indonesia dengan Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari Kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan pada masa uji cob aini adalah kampanye Beli Lokal. Program tersebut dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
“Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk favirit mereka,” kata GoTo dalam keterangan resmi.
Lebih dari 90 persen merchant tercatat sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui kemitraan strategis ini, mereka akan mendapat dukungan program dari TikTok Shop dan Tokopedia, berupa:
- Promosi produk pada platform Tokopedia dan TikTok
- Mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu sampai ke hilir.
- Mendukung pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang.
- Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.
- Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia.
- Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
“TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas untuk para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru,” tutur GoTo.
Sebagai informasi tambahan, seluruh aktivitas dan transaksi jual beli mitra penjual pada platform Tokopedia akan tetap berjalan seperti biasa.
Demikian informasi tentang TikTok Shop resmi gabung Tokopedia. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.