Bagikan:

 

JAKARTA – Semakin tinggi versi windows yang digunakan, sistem yang dibutuhkan pun harus semakin baru. Meski Windows 11 lebih kompatibel untuk perangkat baru, ada cara untuk mengunduhnya di perangkat lama.

Sayangnya, beberapa personal computer (PC) dengan prosesor model lama tidak akan kompatibel lagi dengan Windows 11. Pasalnya, Microsoft telah memperbarui instruksi CPU untuk sistem operasi (OS) tersebut.

Microsoft menambahkan instruksi CPU POPCNT di Windows 11 pada Februari lalu. Instruksi itu terlihat di versi pengujian Windows 11, tetapi Microsoft tidak pernah menjelaskan apakah instruksi itu sengaja ditambahkan atau hanya diuji untuk sesaat.

Namun, How to Geek menemukan bahwa Windows 11 Build 26080 dan yang lebih baru tidak bisa melakukan boot jika prosesornya tidak mendukung CPU POPCNT. Masalah loop reboot ini menunjukkan bahwa Microsoft memang sengaja mengganti instruksi CPU yang kompatibel.

Persyaratan sistem resmi untuk Windows 11 adalah CPU Intel Core generasi kedelapan dan yang lebih baru, prosesor Ryzen generasi kedua atau yang lebih baru, dan TPM 2.0 yang merupakan teknologi yang di motherboard atau prosesor.

Masalah loop reboot di Windows 11 tidak perlu Anda khawatirkan karena hal ini hanya terjadi jika Anda menggunakan laptop versi lama. Namun, jika Anda menggunakan laptop Ryzen generasi pertama atau Intel generasi ketujuh, Windows 11 akan tetap berfungsi.

Ini merupakan kabar buruk bagi para pengguna laptop lama karena Windows 10 hanya bisa digunakan hingga Oktober 2025. Jika mereka masih ingin menggunakan Windows 11 selama beberapa tahun ke depan, mereka harus membeli laptop baru.