Bagikan:

JAKARTA - Mengetahui spesifikasi PC atau laptop Anda sangat berguna untuk memutuskan apakah Anda perlu meningkatkan prosesor atau memori dari perangkat Anda. 

Nah, saat ini VOI akan memberikan tutorial tentang cara mengetahui spesifikasi PC Anda melalui Windows 11. Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba, simak tutorial berikut ini:

Menggunakan About PC

Cara ini adalah cara yang sangat mudah dalam melihat spesifikasi dasar PC Anda, untuk melakukan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar Pengaturan Windows dengan menekan tombol Windows + I
  2. Pilih menu System dari menu sebelah kiri
  3. Gulir ke bawah daftar, dan pilih About this PC di bagian bawah
  4. Di sini Anda akan menemukan semua informasi penting tentang model CPU Anda, jumlah dan kecepatan memori Anda, versi Windows, dan banyak lagi. 

Menggunakan System Information 

Menggunakan About PC mungkin hanya akan menampilkan spesifikasi dasar dari PC Anda. Cara lainnya adalah melalui Aplikasi System Information.

  1. Gunakan bilah pencarian Windows kemudian cari MSInfo
  2. Itu akan memunculkan daftar yang akan menampilkan tautan ke Aplikasi System Information, pilih itu
  3. Di sana, Anda akan dapat melihat versi Windows 11 yang Anda jalankan, model Sistem, Prosesor, versi BIOS, RAM, memori virtual, dan banyak lagi
  4. Selai itu, di layar yang muncul, Anda akan mendapatkan informasi tentang CPU, memori, motherboard, dan lainnya. Anda dapat menemukan informasi lebih rinci tentang port USB, jaringan Anda, perangkat suara, layar, dan lainnya, dengan memilih menu di sebelah kiri.