Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms Inc., sebelumnya dikenal sebagai Facebook, mengumumkan pada  Senin 22 April bahwa mereka akan berbagi sistem operasi headset Quest dengan pembuat perangkat lain. Ini termasuk Microsoft, dalam upaya memperluas pengaruhnya dalam industri realitas virtual dan campuran yang sedang berkembang.

Langkah ini akan memungkinkan perusahaan mitra untuk membangun headset mereka menggunakan Meta Horizon OS, sebuah sistem operasi yang telah di-rebranding, yang membawa kemampuan seperti pengenalan gerakan, passthrough, pemahaman adegan, dan penanda ruang ke perangkat yang menjalankannya. Hal ini dikatakan Meta dalam  dalam sebuah pos blog.

Perusahaan media sosial tersebut mengatakan mitra-mitra seperti Asus dan Lenovo akan menggunakan sistem operasi ini untuk membangun perangkat yang disesuaikan untuk aktivitas tertentu. Meta juga menggunakan sistem ini untuk membuat versi edisi terbatas dari headset Quest "terinspirasi oleh" konsol game Xbox milik Microsoft, sesuai dengan pernyataan perusahaan.

Langkah ini menegaskan ambisi CEO Meta, Mark Zuckerberg, untuk memiliki platform komputasi yang menggerakkan perangkat realitas virtual (VR) dan realitas campuran (MR), mirip dengan cara Alphabet's Google menjadi pemain kunci dalam pasar ponsel cerdas dengan membuat sistem operasi seluler Android-nya open source.

Bisnis VR Meta adalah salah satu yang diuntungkan dari strategi Google tersebut, karena Meta Horizon OS sendiri berbasis Android.

Dalam video yang diposting di akun Instagram Zuckerberg, dia memperlihatkan contoh-contoh headset khusus yang mungkin dibuat oleh mitra: perangkat ringan dengan bahan penyerap keringat untuk olahraga, perangkat resolusi tinggi yang imersif untuk hiburan, dan perangkat lain yang dilengkapi dengan haptik yang menginduksi sensasi untuk gaming.

Meta mengatakan dalam pos blognya bahwa Republic of Gamers ASUS sedang mengembangkan headset gaming dan Lenovo sedang mengerjakan perangkat MR untuk produktivitas, pembelajaran, dan hiburan menggunakan Horizon OS. Zuckerberg mengatakan mungkin butuh beberapa tahun lagi sebelum perangkat-perangkat ini diluncurkan.

Headset VR dan MR sejauh ini hanya mendapatkan adopsi terbatas, terutama dari komunitas gamer dan beberapa perusahaan yang menggunakannya untuk pelatihan atau konferensi jarak jauh. Meta adalah pemimpin pasar saat ini tetapi mulai menghadapi tekanan lebih besar di ruang tersebut.

Musuh lama, Apple, memasuki kategori ini awal tahun ini dengan headset Vision Pro seharga  3.499 dolar AS, sementara Google juga dilaporkan sedang mengerjakan platform Android untuk perangkat VR dan MR. CTO Meta, Andrew Bosworth, pada  Maret menuduh Google telah memperkenalkan sistem tersebut kepada mitra dengan persyaratan yang membatasi yang bisa "memecah belah ekosistem."

Zuckerberg menyebut perbedaan pendapat ini dalam videonya pada  Senin, mengatakan bahwa dia akan senang memiliki aplikasi Google Play di perangkat Meta Horizon OS, "jika mereka bersedia." Sementara Google tidak segera merespons permintaan komentar tentang tawaran itu.

Meta mengatakan Meta Horizon OS mencakup Horizon Store, yang diubah namanya dari Quest Store, untuk mengunduh aplikasi dan pengalaman. Platform ini akan bekerja dengan aplikasi pendamping mobile yang sekarang disebut Meta Horizon app.