Bagikan:

JAKARTA – Merakit Personal Computer (PC) merupakan proses menyatukan komponen desktop sesuai dengan keinginan penggunanya. Biasanya, kegiatan merakit PC ini dilakukan oleh para gamers atau content creator.

Meski saat ini ada banyak tutorial online untuk memasang atau merakit komponen PC secara manual, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar PC Anda bisa berfungsi. Jika salah mengerjakan, PC Anda mungkin bisa bermasalah.

Sebelum merakit PC, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan dan hindari selama pemasangan komponen dilakukan. Berikut ini merupakan tiga tips dalam merakit PC, dikutip dari How to Geek.

Menonton Berbagai Macam Tutorial

Sebelum merakit PC, Anda pasti sudah menonton tutorial pemasangannya. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menonton tutorial sebanyak mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar Anda memahami penempatan komponen dengan sangat baik.

Anda perlu tahu di mana CPU, pendingin, dan RAM ditempatkan. Anda juga harus mengetahui urutan pemasangannya. Setiap orang memiliki metode pemasangan yang berbeda dan harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode.

Berhati-hati Saat Memasang CPU

Pemasangan prosesor ke dalam soket motherboard merupakan salah satu tahap tersulit saat merakit PC, khususnya jika Anda ingin memasukkan sedikit silikon ke dalam motherboard. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memahami prosesnya.

Anda juga harus mengetahui cara kerja instalasi CPU dengan menonton berbagai tutorial. Setelah Anda menonton banyak tutorial dan memahami proses pemasangannya, Anda bisa memasukkan prosesor tanpa perlu merasa gugup atau tegang.

Melakukan Manajemen Kabel

Mengatur posisi kabel tidak memengaruhi kinerja PC dan tidak wajib untuk dilakukan. Namun, menata kabel sebaiknya tetap dilakukan karena meletakkan kabel secara asal akan mengurangi estetika PC yang Anda rakit.

Selain itu, kabel akan terlihat tidak teratur dan mungkin mengganggu pandangan jika casing yang digunakan transparan. Selama merapikan kabel, pastikan tidak ada kabel yang terlilit dan susunannya sudah tertata dengan baik.