Google Resmi Meluncurkan Fitur Penghemat Memori dan Penghemat Energi
Google resmi meluncurkan dua fitur Chrome baru (foto: Google Chrome)

Bagikan:

JAKARTA - Google mulai meluncurkan dua fitur baru yang disebut Penghemat Memori dan Penghemat Energi untuk Chrome 110 di desktop. 

Diumumkan sejak Desember lalu, ketika versi Chrome 108 diluncurkan, Google sudah berkomitmen untuk menghilangkan reputasi browser-nya yang menyedot banyak daya dan ruang penyimpanan tersebut. 

Dengan penambahan dua fitur ini, Google Chrome bisa menjadi salah satu browser web terbaik untuk Android yang juga menawarkan kesamaan fitur dengan versi desktop. 

Pada pengumumannya Desember lalu, Google mengatakan bahwa mode Penghemat Memori akan mengurangi penggunaan memori Chrome hingga 30% dengan mengalihkan tab yang tidak aktif ke mode tidur. Tab hanya akan dimuat ulang saat Anda membutuhkannya lagi.

Sementara itu mode Penghemat Energi,  membatasi aktivitas latar belakang dan efek visual untuk situs dengan animasi dan video saat level baterai laptop Anda turun di bawah 20%.

Saat aktif, Anda akan melihat ikon daun di samping Omnibox dan kurangnya efek visual yang berat. Google menjelaskan penghematan baterai ini dicapai dengan menonaktifkan pengguliran halus dan animasi situs web, sambil mengurangi kecepatan bingkai video.

Menurut catatan Android Police, untuk versi Chrome 110 di Chromebook, Windows, dan Mac, fitur Penghemat Memori dan Penghemat Energi yang baru ini akan diaktifkan secara default

Tapi, tidak perlu khawatir karena Anda mematikan fitur ini atau membatasi operasinya kapanpun Anda mau. Chrome juga memungkinkan pengaktifan otomatis Penghemat Energi segera setelah pengisi daya dicabut untuk memaksimalkan efisiensi.