Bagikan:

JAKARTA - Google merilis Year in Search 2022 untuk menunjukkan topik-topik yang paling banyak dicari oleh konsumen di Indonesia selama satu tahun ke belakang. 

"Tahun 2022 adalah tahun reuni, relaksasi, dan kebangkitan perjalanan. Seiring dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah, masyarakat Indonesia semakin bersemangat untuk kembali bepergian serta merencanakan perjalanan yang penuh makna," tulis Google Indonesia dalam laporannya, dikutip Senin, 20 Februari. 

Menurut Google, pencarian terkait “perjalanan internasional” melambung hingga 280%. Kenaikan pencarian tersebut bahkan diperkirakan lebih tinggi dari periode sebelum pandemi.

Ditambah lagi ketika tren self reward semakin banyak digunakan masyarakat yang biasanya dilakukan sebagai hadiah untuk diri sendiri yang telah bekerja keras selama satu tahun tersebut.

Lebih dari itu, raksasa pencarian itu juga mengungkapkan laporan ini juga menunjukkan beberapa destinasi wisata terpopuler yang diincar oleh masyarakat Indonesia di mancanegara dan domestik. 

Adapun menurut laporan Google mengungkapkan bahwa penelusuran untuk “perjalanan healing” meningkat 40%. Sedangkan penelusuran pada “glamping” atau glamour camping, yang meningkat 40%.

Selain itu, penelusuran lain yang banyak meningkat adalah penelusuran terkait “event lari” + event sepeda“ yang dikatakan naik sebesar 42%. Sedangkan untuk penelusuran tentang “festival trip” melompat lebih dari 90%.

"Selain tujuan liburan yang lebih bervariasi, masyarakat Indonesia juga terlihat mencari produk-produk ‘portable’ untuk kemudahan dan kenyamanan saat berwisata," jelas Google lebih lanjut. 

Berikut ini adalah beberapa peralatan elektronik yang paling banyak dicari orang Indonesia di Google, di antara lain adalah “nano spray” dan “hair dryer” menjadi dua produk yang ditelusuri untuk merencanakan liburan.