Makin Paham, Ini Pencarian Teratas tentang Produk <i>Skincare</i> di Indonesia
Ilustrasi produk skincare (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna skincare saat ini semakin terbiasa dalam mencari tahu kandungan dan fungsi dari produk yang akan digunakan, mulai dari mereview klaim produk yang didukung bukti hingga riset berdasarkan bahan.

Berdasarkan data dari laporan Google di Year in Search 2022, kesadaran konsumen terhadap pentingnya menjaga kelembaban kulit meningkat pesat. Hal ini terlihat dari hasil  penelusuran kandungan “Ceramide” yang meningkat 130% dan “Niacinamide” yang tumbuh 100%. 

Selain itu, pencarian terkait “Skin barrier” juga cukup populer di kalangan pecinta skincare dengan kenaikan 80%. Sedangkan penelusuran “Retinol” yang naik 110% juga menunjukkan minat tinggi pengguna akan bahan aktif anti-aging.

Sejalan dengan meningkatnya minat terhadap skincare dan kecantikan, masyarakat Indonesia juga semakin gemar mencari brand terbaru dan produk-produk dengan kandungan bahan yang sedang tren melalui influencer favorit mereka. 

Popularitas influencer seperti Tasya Farasya, Rachel Goddard, dan Jovi Adhiguna mampu mengangkat brand-brand yang mereka review dan turut meningkatkan penelusuran “new make up” sebesar 80%.

Karena saat ini sudah banyak orang yang kembali ke aktivitas normal di luar ruangan, masyarakat Indonesia juga kerap mencari produk personal care terbaik untuk mendukung kegiatan tersebut, termasuk “Lip balm” yang penelusurannya naik sebesar 130% dan brand sunscreen yang juga tumbuh 60%. 

Google juga menyebutkan bahwa perawatan rambut juga kerap menjadi perhatian mereka yang akan melakukan aktivitas luar ruangan, terlihat dari penelusuran “rambut kering” yang meningkat 70% dan “ketombe” yang tumbuh 60%.