Kolaborasi Anak Usaha CSAP dengan COSMAX Indonesia di Pasar Perawatan Kulit
Foto: Dok. Catur Sentosa Adiprana

Bagikan:

JAKARTA - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), melalui entitas anak PT Catur Sentosa Anugerah (CSAN) menandatangani perjanjian Kerjasama dengan PT COSMAX Indonesia (COSMAX) untuk hak distribusi eksklusif dan pemegang hak atas merek iLikeMyself, salah satu produk COSMAX Indonesia.

Dengan ditandatangani kerja sama tersebut, CSAN akan mendistribusikan 1 brand dengan 5 varian (Stock Keeping Unit/ SKU) produk perawatan kulit (skincare). Produk perawatan ala Korea Selatan tersebut sudah diformulasikan dengan kondisi iklim serta jenis kulit di Indonesia. Produk unggulan tersebut sudah teruji secara klinis dan dapat memperbaiki struktur kulit apabila dipergunakan secara teratur.

Masuknya CSAN yang berkolaborasi dengan COSMAX Indonesia di pasar perawatan kulit tidak lepas dari besarnya potensi pasar produk kecantikan dan perawatan diri di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian tahun 2020 dan 2021, pasar kecantikan dan perawatan diri di Indonesia diperkirakan mencapai 6,03 miliar dolar AS pada 2019 dan diprediksikan akan tumbuh menjadi 8,46 miliar dolar AS pada 2022. Indonesia diperkirakan menjadi pasar kosmetik terbesar ke-5 di dunia dalam 10-15 tahun mendatang.

Oey Tanto Sugiarto, Chief Operating Officer (COO) PT Catur Sentosa Anugerah menyampaikan, dengan berbekal pengalaman CSA Grup di sektor distribusi selama lebih dari 30 tahun dan distribusi barang konsumen selama 10 tahun lebih. CSAN akan memperkuat portofolio produk distribusi barang konsumen di Indonesia. 

"CSAN memiliki 38 area distribusi yang mampu menjangkau seluruh Indonesia, perseroan akan mengembangkan produk skincare di channel Convenience Store/ minimarket (CVS). Di mana channel tersebut tumbuh pesat seiring dengan mulai bangkitnya perekonomian nasional paska membaiknya penanganan pandemi," kata Oey Tanto.

Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur PT COSMAX Indonesia dalam sambutannya mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah strategis COSMAX untuk selangkah lebih dekat dengan konsumen Indonesia.

COSMAX Inc, Korea telah berpartisipasi dalam industri global beauty & personal care ini selama 30 tahun dan melayani ratusan merek kecantikan. Melalui kerjasama dengan CSAN, COSMAX Indonesia, percaya dengan keahlian dan kemampuan R&D serta wawasan tren dalam memenuhi preferensi konsumen Indonesia dengan sukses.

Cheong Min-Kyoung menjelaskan, hingga saat ini seperempat dari 7 miliar penduduk dunia menggunakan produk kecantikan dan perawatan COSMAX. Secara global, 600 perusahaan kecantikan, termasuk 15 dari 20 perusahaan kecantikan teratas dunia, bermitra dengan COSMAX.  

Ditambahkan, dengan bermitra dengan CSAN selaku perusahaan distributor barang konsumen yang berpengalaman. Kami percaya kerjasama pengembangan produk bersama ini akan berdampak signifikan pada pasar perawatan diri dalam tahun-tahun mendatang.

"Catur Sentosa pada tahap awal menargetkan untuk mendistribusikan brand produk perawatan kulit (skincare) ke 19.000 mini market Indomaret dan Alfamart di seluruh Indonesia. Target pendistribusian ini akan bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan target pertumbuhan double digit pada tiap tahunnya," ungkap Oey Tanto Sugiarto. 

Entitas anak yang sahamnya dimiliki CSAP sebesar 99 persen tersebut berdiri sejak tahun 2012 dan telah memiliki 38 area distribusi dengan 10 regional distribution hub yang mampu menjangkau seluruh pelosok Indonesia. CSAN saat ini memiliki Kawasan pergudangan seluas 40.000 m2, 300 armada distribusi yang mampu melayani 100.000 pelanggan ritel di seluruh Indonesia.