CSAP Rampungkan 4 Superstore Baru Mitra10 di 2021, Masih Targetkan Punya 50 Gerai di 2023
Gerai Mitra10 Tegal. (Foto: Dok. Catur Sentosa Adiprana)

Bagikan:

JAKARTA - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria merampungkan target pembukaan 4 superstore baru Mitra10 di 2021.

CSAP hari ini, Kamis 4 November, meresmikan Mitra10 di Kota Tegal, peresmian ini merupakan puncak dari serangkaian ekspansi segmen ritel yang dilakukan oleh perseroan di 2021. Sebelumnya perseroan telah merelokasi 1 Mitra10 yakni di Kalimalang, Bekasi (Bulan Februari), dan ekspansi toko baru Mitra10 ke kota Banjarmasin(Bulan Juni), Palembang (Bulan September) dan Semarang (Bulan Oktober).

Ekspansi ini akan memperkuat kinerja perseroan di segmen ritel bahan bangunan, di mana Mitra10 dikelola oleh oleh entitas anak CSAP yakni, PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) yang sahamnya dimiliki oleh CSAP sebanyak 99,90 persen.

Pemilihan Kota Tegal tidak lepas dari potensi pertumbuhan sektor properti dan terletak sangat strategis sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional dan regional di wilayah Pantura yaitu dari barat ke timur (Jakarta-Tegal-Semarang-Surabaya) dengan wilayah tengah dan selatan Pulau Jawa (Jakarta-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya) dan sebaliknya.

Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary CSAP menyampaikan, ekspansi tersebut merupakan bagian dari rencana besar perseroan untuk memiliki 50 jaringan ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10 di seluruh Indonesia di tahun 2023.

"Dengan hadirnya Mitra10 ke-42 di Kota Tegal, akan memperkuat ekspansi supermarket modern bahan bangunan dan home improvement tersebut di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sebelumnya Mitra10 telah hadir di Yogyakarta, Solo dan Semarang," kata Idrus, dalam keterangan tertulisnya.

Erick Koswara, General Manager Marketing Communication Mitra10 menjelaskan, pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah.

"Dengan dibukanya Mitra10 di Tegal, saat ini kami telah memiliki 42 toko di 24 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Tegal dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah," ujar Erick.

Dengan menyasar kepada pemilik hunian, baik itu residensial maupun komersial skala kecil seperti hotel, café dan ruko/ rukan. Pertumbuhan dan prospek segmen properti di Kota Tegal turut menjadi pertimbangan perseroan dalam berekspansi.

Total terdapat 600 lebih pemasok yang bekerjasama untuk Superstore ke-42 ini. Keberadaan Mitra10 juga turut membantu produk lokal (Indonesia) karena 80 persen barang yang ditawarkan merupakan produk buatan dalam negeri.

Strategi ekspansi yang agresif yang dilakukan CSAP terbukti memberikan hasil yang positif. Pada triwulan III 2021 pencapaian pendapatan dan laba tercatat positif.

Bahkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk melonjak 126 persen menjadi sebesar Rp137 miliar dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar Rp61 miliar. Pertumbuhan laba tidak lepas dari kinerja positif pendapatan, di mana penjualan dan pendapatan usaha tercatat Rp10,38 triliun, tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yakni Rp9,09 triliun.