Manfaatkan Potensi Besar Pasar Kalimantan, Mitra10 Kini Hadir di Balikpapan
Gerai Mitra10. (Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah menetapkan provinsi Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Pemilihan provinsi tersebut tentu telah memperhatikan berbagai aspek strategis termasuk potensi ekonomi.

Kota Balikpapan dikenal sebagai sentra bisnis di Kalimantan dengan laju pertumbuhan yang tinggi, di mana menurut laporan BPS Kalimantan Timur pada tahun 2019 laju pertumbuhan Kota Balikpapan tercatat tumbuh 4,78 persen. Potensi Kalimantan Timur dan tren pertumbuhan tersebut dinilai akan terus berkembang sehingga manajemen PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) memutuskan untuk melakukan ekspansi Mitra10 ke Bumi Etam, Kalimantan Timur.

CSAP adalah perusahaan distribusi bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/FMCG, serta dan pemilik jaringan gerai ritel modern Mitra10 & ritel modern furnitur Atria. Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG), 37 gerai Mitra10, dan 12 gerai Atria.

Sekretaris Perusahaan CSAP, Idrus H. Widjajakusuma mengatakan, ekspansi ini merupakan kali pertama di Pulau Kalimantan sekaligus memperkuat pangsa pasar Mitra10 di Indonesia bagian Timur setelah tahun lalu membuka gerai Mitra10 di Makassar.

"Gerai Balikpapan ditargetkan akan berkontribusi positif pada 2021 mendatang, mengingat baru diresmikan di paruh terakhir kuartal IV 2020," ujar Idrus dalam keterangan yang diterima, Kamis 12 November.

Gerai yang diresmikan hari ini merupakan superstore ke-37 atau gerai ketiga yang dibuka sepanjang tahun 2020, menyusul kota Lombok dan Bekasi. Dengan demikian CSAP telah membuka 3 dari total rencana 4 pembukaan toko baru Mitra10 sepanjang tahun 2020.

"Kota Malang akan menjadi target pembukaan Mitra10 pada Desember 2020," imbuh Idrus.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi kota-kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar dan Balikpapan.

Mitra10 Balikpapan menempati area seluas 6.500 m2 dengan area penjualan seluas 3.000 m2 dan area penyimpanan (Gudang) seluas 2.500m2. Mitra10 menawarkan 25.000 jenis barang (stock keeping unit/ SKU) yang 80 persen lebih merupakan produk lokal buatan dalam negeri.