JAKARTA - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) akan meresmikan Mitra10 & Atria Kalimalang, Bekasi pada 11 Februari 2021. Kedua toko ini ini merupakan relokasi dari Mitra10 Kalimalang lama dan kini menempati area yang lebih luas.
CSAP merupakan perusahaan distribusi untuk bahan bangunan, kimia dan consumer goods (FMCG), dan pemilik jaringan gerai ritel Mitra10 dan Atria. Setelah relokasi, Mitra10 Kalimalang baru kini menempati area seluas 10.000 m2 dengan area penjualan seluas 5.500 m2.
"Lokasi baru Mitra10 Kalimalang ini lebih luas 70 persen dibandingkan lokasi lama," ujar Sekretaris Perusahaan CSAP, Idrus H. Widjajakusuma, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 10 Februari.
Superstore ini nantinya akan menjual 25.000 SKU (item barang) yang terbagi dalam 13 kategori, mulai dari cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, instalasi pipa (plumbing), material bangunan, listrik dan lampu, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware), hingga home appliances.
"80 persen dari SKU yang ditawarkan merupakan produk nasional buatan Indonesia," jelas Idrus.
Begitu pula dengan Atria Kalimalang baru yang berlokasi di dalam Mitra10 ini menempati area penjualan seluas 1,900 m2, di mana lebih luas 785 m2 dari area penjualan di lokasi yang lama.
Bagi pengunjung yang ingin membeli furniture dan kelengkapan interior untuk mempercantik hunian baik rumah tapak, apartemen maupun kafe dapat memilih produk-produk unggulan Atria di dalam lokasi toko Mitra10," ungkap Idrus.
Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia yakni: Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar dan Balikpapan.
Kinerja Penjualan
Pada akhir periode 2020, CSAP membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp12,6 triliun (unaudited), tumbuh sebesar 4,8 persen dibandingkan pada periode 2019. Adapun pada kuartal III 2020, CSAP berhasil membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp9,1 triliun, atau tumbuh 3,95 persen.
BACA JUGA:
Sedangkan laba usaha tumbuh sebesar 33,94 persen pada triwulan III 2020 menjadi sebesar Rp243,21 miliar dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp181,59 miliar. Adapun laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik induk yang tumbuh signifikan 46 persen menjadi Rp61 miliar dibandingkan tahun lalu sebesar Rp41 miliar.
Tahun 2021, CSAP menargetkan 1 relokasi toko dan membuka 4 superstore baru Mitra10. Strategi ekspansi tersebut memperhatikan kondisi pandemi beserta mitigasi risiko untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.
Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP telah menganggarkan dana belanja modal kurang lebih Rp500 miliar dari total belanja modal 90 persen untuk segmen ritel modern. Adapun lainnya di alokasikan untuk segmen distribusi.
Target pertumbuhan penjualan CSAP untuk periode 2021 tidak jauh dari prediksi pertumbuhan GDP Indonesia sekitar 3,1-4,4 persen.