JAKARTA - Mitra10 pelopor ritel modern bahan bangunan di Indonesia dan furnitur Atria melanjutkan ekspansi di 2023. Ekspansi pertama 2023 dilakukan di Bintaro Jaya, Tangerang, Banten.
Kedua toko ritel ini menempati lahan seluas 14.000 m2 yang terletak di lokasi strategis di jalan utama Boulevard Bintaro Jaya yang dikelilingi oleh kawasan hunian dan komersial. Toko ritel modern ini berada di satu lokasi yang sangat potensial dan memiliki target traffic sebanyak 30.000 pengunjung per bulan.
Perseroan berkomitmen penuh untuk melanjutkan ekspansi yang berkelanjutan Superstore Mitra10 di tahun 2023. Dengan diresmikannya Mitra10 Bintaro Jaya, Perseroan akan melanjutkan ekspansi pembukaan Superstore baru di 2023 pada tiga bulan terakhir 2023. Sehingga para pelanggan bisa semakin mudah menjangkau kebutuhan renovasi bahan bangunan sesuai dengan tagline kami yaitu "The Easiest Place to Get Your Renovations Done!".
Mitra10 mengusung konsep "One Stop Shopping" untuk berbelanja kebutuhan renovasi rumah ataupun area komersial seperti café, ruko dan sebagainya. Mitra10 Bintaro Jaya menyediakan lebih dari 65.000 SKU (Stock Keeping Unit) yang terbagi dalam 13 kategori yakni: appliances/perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa dan aneka alat (tools).
Toko ritel moderen di Bintaro Jaya ini mengusung konsep "Shop in Shop", selain Mitra10 menjual bahan bangunan, didalamnya juga terdapat toko Atria furnitur yang merupakan sister company Mitra10. Konsep ini memudahkan para pelanggan untuk memenuhi aneka kebutuhan bahan bangunan untuk kebutuhan renovasi atau membangun rumah tinggal dan kebutuhan furniture-nya sekaligus.
Tidak semua toko Mitra10 mengusung konsep ini, sehingga ini merupakan salah satu privilage bagi warga Bintaro Jaya dan sekitarnya untuk merasakan Shopping Experience berbelanja menyenangkan ini.
Jika Mitra10 Bintaro merupakan toko ke-46, maka Atria Bintaro merupakan toko ritel moderen furniture ke-20 di Indonesia. Di Atria, para pengunjung dapat memilih beragam produk furnitur seperti: Aksesoris, Bedroom Set, Bed Gelar, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, dsb.
Saat ini, Atria telah hadir di seluruh area Jabodetabek, dan kota Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru dan Lampung.
Inovasi Berbelanja dan Panen Diskon
Erick Koswara, GM Marketing dan Komunikasi Mitra10 mengatakan, Mitra10 dengan prinsip “Murah, Lengkap, dan Nyaman”, merupakan pelopor ritel bahan bangunan moderen yang menerapkan konsep belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap.
“Para pengunjung akan dimanjakan dengan desain dan layout penyusunan barang yang menarik, sehingga memudahkan untuk memilih aneka keperluan renovasi rumah dari keramik hingga atap. Produk-produk bahan bangunan dan Home Improvement tersebut merupakan 80 persen buatan lokal dalam negeri,” ujar Erick dalam keterangannya, Kamis 21 September.
Kinerja Semester I 2023
Total Pendapatan CSAP secara konsolidasi selama semester I 2023 mencapai Rp7,8 triliun atau tumbuh 5 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp91,5 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp112 miliar.
BACA JUGA:
Segmen ritel pada semester I 2023 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp2,9 triliun, tumbuh 7,7 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 34 persen terhadap total pendapatan konsolidasian Perseroan.
Selain segmen ritel moderen, CSAP juga memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar Rp4,9 triliun, setara kontribusi 62 persen atas total pendapatan secara konsolidasi yakni Rp7,4 triliun di enam bulan pertama 2023. Pencapaian tersebut setara pertumbuhan 3,6 persen year-on-year jika dibandingkan pendapatan periode yang sama tahun lalu.
Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia, sedangkan segmen ritel moderen merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel moderen bahan bangunan Mitra10 dan Atria furniture, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin.
Segmen ritel moderen Mitra10 dan Atria merupakan entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), dimana CSAP memiliki masing-masing 99,9 persen saham kepemilikan di PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) dan 99 persen saham kepemilikan di PT Catur Sentosa Berhasil (CAB)
Saat ini CSAP memiliki 46 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di berbagai kota besar, 5 Cabang Distribusi Kimia, 57 Area Distribusi FMCG, 46 toko “Mitra10” Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 20 Showroom “Atria” Ritel Modern Home Furnishing.
Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk mengatakan, strategi ekspansi ritel memberikan kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan, terbukti dari pertumbuhan pendapatan dan margin. Mitra10 telah tumbuh 8,7x lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 65.000 SKU, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan Home Improvement di Indonesia.