Pemilik Gerai Mitra10 dan Atria, Catur Sentosa Adiprana Bukukan Lonjakan Laba Bersih 153 Persen, Targetkan Punya 50 Gerai di 2023
Gerai Mitra10. (Foto: Dok. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk)

Bagikan:

JAKARTA - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), meraih penjualan secara konsolidasi mencapai Rp6,7 triliun di semester I 2021. Raihan tersebut tumbuh 16 persen dibanding dengan periode yang sama tahun 2020 dengan pencapaian Rp5,8 triliun.

Corporate Secretary Catur Sentosa Adiprana Idrus Widjajakusuma mengatakan, segmen ritel modern (bahan bangunan, home improvement & home furnishing) yang bersumber dari jejaring ritel modern Mitra10 dan Atria membukukan pendapatan sebesar Rp2,4 triliun, tumbuh 13 persen dibandingkan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama yakni Rp2,1 triliun.

"Segmen ini berkontribusi sebesar 36 persen terhadap penjualan konsolidasi perseroan," kata Idrus saat paparan publik secara virtual, Kamis 2 September.

Sepanjang 2021, CSAP telah merelokasi 1 gerai Mitra10 di Kalimalang dan meresmikan dua gerai baru di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Palembang, Sumatera Selatan. Kemudian hingga Desember 2021 mendatang, CSAP akan membuka tambahan dua gerai baru Mitra10 di Semarang dan Tegal, Jawa Tengah guna merampungkan target 4 gerai baru Mitra10 sepanjang 2021.

Adapun segmen lainnya, yakni distribusi (bahan bangunan, kimia dan FMCG) pada semester I 2021 membukukan pendapatan sebesar Rp4,4 triliun, tumbuh 18 persen dibandingkan semester I 2020 senilai Rp3,8 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 64 persen atas penjualan konsolidasi CSAP.

"Kinerja kedua segmen tersebut berhasil tumbuh positif di enam bulan pertama meski tekanan pandemi dan pembatasan kegiatan masih terasa baik secara global maupun nasional," kata Idrus.

Pertumbuhan angka penjualan secara konsolidasi tersebut berhasil mengangkat kinerja laba perseroan. CSAP berhasil membukukan lonjakan laba bersih sebesar 153 persen pada semester I 2021, menjadi Rp79 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp31 miliar.

Tahun ini CSAP akan melanjutkan menetapkan strategi ekspansi agresif untuk segmen ritel Mitra10 serta fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas, kontribusi private brand menjadi penting karena dapat meningkatkan profil margin yang lebih baik yang ujung-ujungnya meningkatkan profitabilitas.

Terkait target pengembangan jaringan Mitra10, perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai di tahun 2022-23. Dengan demikian pada akhir tahun 2021 mendatang, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia.

Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena isu pandemi. Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP pada tahun 2021 telah menyiapkan belanja modal sebesar Rp500 miliar, di mana 80 persennya dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10 dan Atria.