JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 telah membantu konsumen Indonesia untuk lebih cepat beradaptasi dengan berbagai platform digital dan inovasi produk elektronik terbaru.
Terlebih lagi, ketika mobilitas dan aktivitas perjalanan liburan (traveling) kembali pulih.
Ketika bepergian, masyarakat tidak lagi hanya mencari barang untuk kebutuhan dasar, tetapi mereka juga mulai mencari berbagai produk yang bisa memenuhi kebutuhannya yang lebih bervariasi atau spesifik.
Laporan Google, Year in Search 2022 menemukan bahwa konsumen mulai melirik produk-produk portable yang dapat dibawa untuk melengkapi waktu liburan seperti “setrika uap portable” yang meningkat hingga 30 persen, “mesin cuci portable” 70 persen, dan pencarian terkait “drone” di YouTube juga turut naik hingga 80 persen.
Meningkatnya aktivitas traveling juga mempengaruhi pencarian terkait produk elektronik portable lainnya untuk meningkatkan penampilan maupun perawatan diri.
Contohnya di YouTube pencarian terkait “hair dryer” dan “catok rambut”, masing-masing produk naik hingga 70 dan 100 persen. Bahkan, menariknya lagi, pencarian terhadap “Nano Spray” di Google melonjak hingga 450 persen.
Selain kebutuhan untuk traveling, keputusan pemerintah Indonesia menghentikan akses TV analog ternyata telah mendorong masyarakat untuk mencari cara untuk tetap bisa menonton siaran digital pada TV analognya.
BACA JUGA:
Hal ini dibuktikan dari meningkatnya pencarian terkait “smart TV” hingga 50 persen, pencarian terkait “set top box” yang melambung naik hingga 260 persen, dan pencarian terkait “TV digital” yang melonjak hingga 200 persen.
Untuk beralih ke platform digital, selain mencari Set Top Box, masyarakat Indonesia juga mencari tahu di mana mereka bisa membeli televisi. Fakta ini dibuktikan bahwa kata kunci terkait “Toko TV Terdekat” yang naik 20 persen dan “Toko Elektronik Terdekat” naik 30 persen.