Bitcoinisasi di Amerika Latin Makin Kuat, Santo Blockchain Tanam 300 ATM Kripto  di Panama Tahun 2022
ATM Crypto makin menjamur di Amerika latin. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Panama terus melakukan yang terbaik untuk mengikuti Bitcoinisasi yang dilakukan tetangganya, El Salvador. Kini pemerintah Panama mulai pemasangan 50 ATM Bitcoin (BTC) pada tahun 2022. Berkat Santo Blockchain, 50 dari 300 ATM yang direncanakan akan mulai dikirim ke Amerika Latin pada awal 2022.

Sebuah perusahaan blockchain dan cryptocurrency yang terintegrasi secara vertikal dengan kantor di Saigon, Vietnam dan Panama City, Santo Blockchain, akan menginvestasikan total 1 juta dolar AS (Rp14,3 miliar) ke Amerika Latin secara umum tahun depan sebagai bagian dari rencana penyediaan 300 ATM Bitcoin.

Santo Blockchain mengumumkan Panama akan menjadi negara pertama yang mendapat manfaat dari ATM Bitcoin yang baru dibeli. Sementara radar berikutnya adalah Kolombia dan Kosta Rika.

Panama telah menjadi yurisdiksi yang semakin ramah kripto. Pada bulan September, RUU baru dirancang oleh pemerintah mereka untuk mengakui BTC sebagai metode pembayaran alternatif. Hal ini memungkinkan kebebasan yang lebih besar di Panama saat menggunakan kripto.

CEO Santo Blockchain, Frank Yglesias, yang menggunakan moniker "Crypto Hemingway," berfungsi sebagai penasihat crypto untuk anggota kongres Panama, Alejandro Castillero, yang mengawasi peraturan mengenai undang-undang baru.

“Santo sedang dalam perjalanan untuk membantu membawa gelombang baru perbankan kripto, investasi, dan perdagangan ke lebih dari 400.000.000 orang di Amerika Latin yang tidak memiliki rekening bank atau tidak layak memiliki rekening bank, termasuk 10% hingga 15% orang Hispanik di Amerika Serikat yang juga tidak memiliki rekening bank," kata Yglesias tentang kesepakatan 300 ATM, seperti dikutip oleh Cointelegraph.

Sebagai bagian dari rencana itu, orang Amerika Latin yang menggunakan ATM akan dapat membeli sejumlah kecil BTC dengan uang tunai. Model bisnis Santo menghubungkan ATM ke dompet BTC lapis dua yang dibuat oleh perusahaan dan akhirnya kartu debit Santo–diluncurkan pada Q3 2022.

Dalam podcast akhir tahun perusahaan tersebut, Yglesias mengatakan bahwa Panama adalah negara Amerika Latin pertama karena merupakan pintu gerbang ke Amerika dalam hal perdagangan dan logistik, keuangan dan stabilitas ekonomi. Pada akhirnya, Panama adalah “batu loncatan” untuk adopsi BTC Amerika Latin yang lebih luas.

Berita ini disambut baik di benua yang tertinggal dalam infrastruktur fisik Bitcoin. Memang, LATAM memiliki beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengimbangi 5.000 ATM Bitcoin di Amerika Utara. Untuk menambah masalah, pada bulan Oktober tahun ini, raksasa ritel Walmart menguji coba 200 ATM Bitcoin sebagai bagian dari rencana untuk menginstal 8.000 ATM Bitcoin secara nasional.

Menurut angka CoinATMRadar, situs pelacakan ATM Bitcoin, Amerika Utara menampung 94,8% ATM BTC di seluruh dunia; LatAm hanya memiliki 0,2%. Tidak mengherankan, El Salvador memimpin wilayah tersebut dengan adanya 205 lokasi ATM di negara itu.

Dengan rencana Santo untuk memperkenalkan 50 ATM baru pada tahun 2022, 73 lokasi fisik BTC akan ditawarkan di Panama, menempatkan mereka tepat di bawah Inggris Raya di peringkat dunia sebagai penyedia ATM Bitcoin.