California, Negara Bagian Paling Siap Mata Uang Kripto  di AS
California, menjadi negara bagian yang siap menerapkan mata uang kripto di AS. (foto: dok. Kemlu RI)

Bagikan:

JAKARTA -  California telah muncul sebagai yurisdiksi yang paling siap untuk penggunaan mata uang kripto di Amerika Serikat. Ini berkat proliferasi ATM cryptocurrency dan meningkatnya minat pada aset digital di antara populasi di negara bagian. Pernyataan itu muncul dari penelitian industri baru dari situs ulasan Crypto Head.

Dengan skor 5,72 dari 10, California mengungguli New Jersey (5,44), Texas (5,28), Florida (5,03) dan New York (4,29) dalam indeks crypto-ready. Total poin negara bagian juga lebih tinggi 2,54 poin dari rata-rata nasional.

Hasilnya ditabulasi menggunakan metrik seperti pencarian Google terkait crypto, keberadaan Bitcoin (BTC) dan ATM cryptocurrency lainnya dan jumlah tagihan terkait blockchain yang disahkan di setiap negara bagian. California menempati peringkat pertama dalam pencarian Google terkait kripto per 100.000 dan dalam jumlah ATM kripto. Faktor-faktor positif ini mengimbangi kurangnya undang-undang yang berfokus pada kripto di negara bagian ini.

Sebagai perbandingan, New York telah meloloskan delapan tagihan yang berfokus pada kripto tetapi berada di urutan ke-33 dalam hal instalasi ATM kripto. New Jersey memiliki jumlah instalasi ATM crypto tertinggi per 10.000 mil persegi dan mencetak skor tertinggi ketiga untuk pencarian per 100.000 orang. Texas dan Florida juga mendapat skor yang baik sehubungan dengan ATM dan pencarian secara keseluruhan.

Terlepas dari ketidakpastian peraturan dan tagihan infrastruktur yang menjulang yang dapat memengaruhi segmen utama ekonomi blockchain, Amerika Serikat terus menjadi pemimpin global dalam adopsi cryptocurrency. Pada tahun 2020, volume perdagangan BTC di AS melebihi gabungan dari Eropa, Nigeria, dan China.

Untuk tahun yang sama, orang Amerika membukukan 4,1 miliar dolar AS dalam laba yang direalisasikan pada perdagangan crypto mereka, jauh melebihi negara lain mana pun. AS juga memimpin dunia dalam ATM Bitcoin, terhitung 86,4% dari total instalasi, menurut sumber industri.

Keberhasilan Crypto di Amerika Serikat sebagian besar berasal dari statusnya sebagai kelas aset yang dapat diinvestasikan. Dengan demikian, metrik adopsi lainnya tidak memiliki peringkat yang hampir sama tinggi.

Pada bulan Agustus, situs perbandingan keuangan Finder memberi peringkat pada AS sebagai negara ke-26 dari 27 negara dalam hal kepemilikan crypto di antara penduduk. Pasar negara berkembang yang lebih bergantung pada pengiriman uang — seperti di Asia Tenggara dan Amerika Latin — peringkatnya jauh lebih tinggi.