Didukung Lembaga Keuangan Antikripto, Sherman Ingin Tutup Mata Uang Kripto di AS
Anggota Kongres Brad Sherman (kakan), kembali menyerukan penutupan mata uang kripto di AS. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jutaan orang di Amerika Serikat telah membuat investasi ke dalam bentuk digital lewat keuangan terdesentralisasi yang disebut mata uang kripto. Mata uang digital ini diyakini lebih menghargai privasi dan kemandiriannya dari campur tangan pemerintah. 

Hal ini membuat politisi di Washington merasa gerah dan menghujani kripto dengan kritikan pedas dan ingin menutup mata uang kripto, seperti Bitcoin dan Ethereum, karena semua berada di luar kendali mereka.

Salah satu penentang terbesar mata uang di Washington adalah Anggota Kongres Brad Sherman. Anggota Partai Demokrat California ini sebelumnya dikenal selalu menyerukan agar cryptos dilarang. 

Pada sidang Rabu, 30 Juni  untuk House Committee on Financial Services, Sherman kembali dengan keras mengkritik cryptocurrency. Ia bahkan memperbarui seruannya untuk pelarangan mata uang kripto.

“Cryptocurrency adalah sesuatu yang dapat Anda pertaruhkan, tetapi jika orang ingin memiliki semangat binatang untuk mengambil risiko, saya lebih suka mereka berinvestasi di pasar ekuitas untuk mendukung pembangunan perusahaan Amerika, atau lotere California, untuk mendukung sekolah di negara saya,” kata Sherman yang juga mengkritisi mata uang kripto karena sangat fluktuatif. 

Anggota kongres ini juga mengklaim bahwa pendukung mata uang kripto  adalah para anarkis yang hanya ingin menghindari pajak. “Cryptocurrency mendapat dukungan politik dari para anarkis ‘patriotik’ yang mendukung penghindaran pajak. Saya harap kami menutupnya,” tegas Sherman. 

Namun anggota Kongres California ini disebut para pendukung kripto tak memiliki dasar yang jelas dalam mengkritik. Bahkan banyak kesalahan dalam mengajukan argumennya.  

Pertama, Sherman berpikir bahwa pandangan pribadinya tentang bagaimana menginvestasikan uang harus diterapkan pada semua orang Amerika. Anggota kongres dan teman-temannya di Washington berpikir mereka lebih tahu, dan masyarakat terlalu bodoh untuk membuat keputusan untuk diri mereka sendiri. 

Ia dianggap tidak peduli dengan situasi keuangan yang dihadapi masyarakat AS sendiri. Seperti  bisa menerima risiko terhadap investasinya, tujuan investasi,  dan masih banyak lagi. 

Bahkan pendapatnya yang menyatakan bahwa masyarakat AS lebih baik menggunakan uangnya untuk membeli lotere California, dimana peluang untuk "Hadiah Utama" adalah 1 banding 41,4 juta, menunjukkan bagaimana tingkat kecerdasan seorang anggota kongres tersebut. 

Sherman juga salah menyatakan perbedaan antara cryptocurrency dan dolar AS. Dia mengabaikan adanya perbedaan utama: cryptocurrency seperti Bitcoin berada di luar kendali pemerintah pusat, dan harganya tidak dapat dinaikkan oleh otoritas pusat. Namun, dolar AS dapat digelembungkan oleh Federal Reserve ketika mencetak uang baru. Inilah fakta yang terjadi saat ini.

Selain pandangannya disebut meragakukan Sherman juga dianggap kurang informasi tentang cryptocurrency yang justru membuatnya tampak arogan. 

Namun di balik itu semua terdapat jawaban sinis yang lebih masuk akal. Beberapa donor terbesar Anggota Kongres Sherman ini adalah bank-bank besar dan lembaga keuangan arus utama di AS. Selama ini bank-bank itu kepentingan terancam oleh kebangkitan mata uang kripto.

Selama ini Anggota Kongres Sherman untuk Komite Kampanye 2020 disokong oleh Grup Blackstone, BlackRock Inc, Asosiasi Bankir Amerika, Charles Schwab Corp, Asosiasi Nasional Serikat Kredit, Deloitte LLP, yang selama sangat anti mata uang kripto. 

Sampai di sini, publik menjadi maklum mengapa Sherman getol mengkritik dan ingin menutup mata uang kripto, karena diduga pendonor kampanyenya, menitipkan pesanan itu.