Bagikan:

JAKARTA – Regulasi kripto menjadi pusat perhatian komunitas kripto di Amerika Serikat. Pasalnya, negara tersebut belum menetapkan undang-undang yang jelas terkait aset kripto terutama setelah regulator AS, Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang diklaim sewenang-wenang menindak pelaku industri kripto.

Kendati begitu, upaya baru dilakukan oleh Gubernur California, Gavin Newsom, yang telah memberikan persetujuan terhadap rencana peraturan mata uang digital baru, dengan tujuan menguatkan regulasi bisnis kripto. Peraturan ini akan mulai berlaku pada bulan Juli 2025.

Dikenal sebagai "Undang-Undang Aset Keuangan Digital," peraturan ini akan memaksa individu dan perusahaan yang terlibat dalam aktivitas aset digital untuk mendapatkan lisensi dari Departemen Perlindungan Keuangan dan Inovasi (DFPI) jika mereka ingin terus beroperasi di California.

Aturan ini sebagian didasarkan pada undang-undang pengiriman uang yang ada di negara bagian. Undang-Undang tersebut saat ini melarang layanan perbankan dan transfer yang beroperasi tanpa mendapat persetujuan yang sah yang dikeluarkan oleh komisaris DFPI.

Undang-Undang Aset Keuangan Digital memberikan kekuatan tambahan kepada DFPI untuk menerapkan persyaratan audit ketat pada perusahaan mata uang digital dan mengharuskan mereka menyimpan catatan keuangan yang komprehensif.

Dalam konteks ini, undang-undang menetapkan bahwa pemegang lisensi harus menyimpan catatan selama setidaknya lima tahun setelah setiap aktivitas. Catatan ini harus mencakup buku besar terperinci yang diperbarui setiap bulan, mencakup semua aset, kewajiban, modal, pendapatan, dan pengeluaran pemegang lisensi. Kegagalan untuk mematuhi persyaratan ini akan mengakibatkan tindakan penegakan hukum terhadap perusahaan yang tidak mematuhi peraturan.

Penting untuk dicatat bahwa persetujuan RUU regulasi kripto ini menandai perubahan signifikan dalam pendekatan Gubernur Newsom terhadap masalah ini. Pada tahun 2022, ia menolak RUU serupa dengan alasan kurangnya fleksibilitas yang dibutuhkan untuk mengikuti perkembangan cepat dalam dunia kripto.

Pada saat itu, ia lebih mendukung menunggu peraturan federal sebelum melangkah maju dengan regulasi kripto di tingkat negara bagian. Pemerintah federal sendiri sedang mempertimbangkan berbagai langkah untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan di industri mata uang kripto, termasuk mengaplikasikan undang-undang yang berkaitan dengan transfer dana elektronik ke mata uang kripto.

Sementara California bersiap untuk menerapkan Undang-Undang Aset Keuangan Digital, dampaknya terhadap industri mata uang kripto di negara bagian ini dan apakah ini akan membuka jalan bagi regulasi lebih lanjut di seluruh Amerika Serikat tetap menjadi perhatian.