Bank Sentral Meksiko Tunda Peluncuran Peso Digital  Hingga Waktu yang Belum Ditentukan
Banxico tunda peluncuran Peso Digital di Meksiko. (foto: twitter banxico)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari setahun setelah diumumkan, mata uang digital bank sentral (CBDC) yang diusulkan Meksiko masih dalam tahap awal dan kemungkinan tidak akan memenuhi target tanggal peluncurannya pada tahun 2024.

Menurut laporan media lokal, bank sentral Meksiko, yang dikenal sebagai Banxico, sedang mengerjakan persyaratan hukum, administrasi, dan teknologi untuk versi digital peso.

Pada Desember 2021, pemerintah daerah mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan mata uang digital nasional, mencatat dalam tweet bahwa “teknologi baru dan infrastruktur pembayaran generasi mendatang” akan meningkatkan inklusi keuangan Meksiko.

Dalam tweet itu menyebutkan peluncuran dilakukan pada 2024, namun setahun kemudian, pihak berwenang menolak untuk memprediksi tanggal peluncurannya.

"Hasil dari fase awal ini memerlukan persiapan anggaran yang saat ini sedang ditentukan, dan pada gilirannya akan memungkinkan penetapan tanggal yang memungkinkan untuk ketersediaan MDBC [CDBC]," kata bank sentral, seperti dikutip Cointelegraph.

Rencana awal termasuk dalam tahap pertama pembuatan platform PagoCel, yang memungkinkan pengguna melakukan transfer bank menggunakan nomor ponsel atau informasi pribadi mereka. Tahap kedua akan melibatkan lembaga keuangan negara, yang akan mengeluarkan kode keamanan untuk mata uang digital yang akan ditransfer melalui Sistem Pembayaran Elektronik Antar Bank (SPEI), sistem transfer yang dimiliki dan dioperasikan oleh bank sentral.

Tahap akhir proyek akan memungkinkan peserta tanpa rekening bank untuk menggunakan mata uang digital, mempromosikan inklusi keuangan mereka.

Ketertarikan Meksiko pada cryptocurrency mengambil momentum pada tahun 2021, ketika 40% perusahaan di negara tersebut tertarik untuk mengadopsi blockchain dan cryptocurrency, menurut data kepemilikan crypto Triple A.

Minat yang meningkat pada Bitcoin di Meksiko telah menyebabkan pemasangan ATM Bitcoin di gedung Senatnya, dengan dukungan dari beberapa legislator dan penggemar kripto. Menurut statistik dari Bank Dunia, Meksiko adalah penerima pengiriman uang terbesar kedua di dunia, dengan transfer mencapai rekor 5,3 miliar dolar AS (Rp 82,4 triliun) antara Juli 2021 dan Juli 2022.