Apple Maps Kini Bisa Digunakan untuk Mencari Lokasi Parkir dan Memesannya
Apple meluncurkan fitur parkir baru di aplikasi Maps. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple meluncurkan fitur parkir baru di aplikasi navigasinya, Maps, yang memberi pengguna opsi dan menghadirkan informasi lokasi parkir yang tersedia di dekat tujuan pengguna.

Dalam hal ini, Apple tidak sendiri. Mereka  bekerja sama dengan platform reservasi parkir digital, SpotHero. Kolaborasi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi parkir di lebih dari 8.000 lokasi.

Namun, Apple baru meluncurkan fitur tersebut di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Belum ada informasi lebih lanjut apakah perusahaan berniat meluncurkannya secara global, terlebih di Indonesia.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna Apple Maps di iPhone dan Mac dapat mencari tujuan mereka sekaligus lokasi parkir yang tersedia lewat menu lainnya kemudian pilih "Parkir". Nantinya, mereka akan diarahkan ke situs web SpotHero tanpa meninggalkan aplikasi tersebut.

Selanjutnya, setelah pengguna menemukan lokasi parkir, mereka juga dapat memesan tempat lalu membayarnya dengan menggunakan opsi pembayaran aman yang disediakan SpotHero. Pengguna juga dapat memfilter pencarian mereka berdasarkan tanggal dan waktu serta tempat parkir dengan pengisian EV, aksesbilitas kursi roda, layanan valet dan lainnya.

Integrasi SpotHero ke Apple Maps bukan tanpa alasan. Ini merupakan bisnis baru bagi perusahaan raksasa yang berbasis di Cupertino, AS itu. Menurut National Parking Association, pada 2020  bisnis parkir menghasilkan pendapatan langsung sebesar 131 miliar dolar AS setara Rp2,037 triliun.

Tetapi melansir TechCrunch, Selasa, 10 Januari, terdapat kurang dari 2 persen parkir yang bisa diakses secara digital. Google juga melihat bisnis serupa yang bermitra dengan platform parkir lain, ParkMobile agar pengguna dapat membayar parkir dengan menggunakan suara mereka.

Belakangan, Apple juga menghadirkan banyak fitur untuk aplikasi Maps-nya, seperti perutean multistop, yang memungkinkan pengguna merencanakan perhentian mereka sebelum melakukan perjalanan serta peta yang lebih mendetail, tampilan 3D, pengalaman AR, dan lainnya.