Rogoh Kocek Rp16 Triliun, Justin Sun Ingin Beli Bitcoin Hasil Sitaan Pemerintah AS
Pendiri TRON, Justin Sun berniat beli Bitcoin dari pemerintah AS. (Foto; Dok. CriptoNoticias)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu tokoh kripto terkemuka di dunia, Justin Sun, pendiri Tron (TRX), mengungkapkan minatnya untuk membeli Bitcoin (BTC) hasil sitaan pemerintah Amerika Serikat. Bitcoin tersebut rencananya akan dijual pemerintah ke pasar dalam beberapa waktu mendatang.

Mengetahui rencana tersebut, Sun menunjukkan ketertarikannya dengan menyatakan bawah ia bersedia membayar 10 persen lebih rendah dari harga pasar untuk Bitcoin tersebut. Bitcoin sitaan itu bernilai lebih dari 1,1 miliar dolar AS (setara Rp16,4 triliun).

Sun mengatakan bahwa ia ingin membantu pasar kripto dengan mencegah penurunan harga yang mungkin terjadi jika pemerintah menjual Bitcoin tersebut secara terbuka. Ia juga mengatakan bahwa ia percaya pada potensi jangka panjang Bitcoin sebagai aset digital yang berharga.

Bitcoin yang ingin dibeli Sun berasal dari peretasan Silk Road, sebuah situs web darknet yang menjual barang-barang ilegal seperti narkoba dan senjata. Pemerintah AS berhasil menyita sekitar 60.000 BTC dari peretas bernama James Zhong pada tahun 2012. Zhong mengaku bersalah atas tuduhan penipuan dan akan dijatuhi hukuman pada tanggal 14 April.

Pemerintah AS telah menjual sebagian dari Bitcoin tersebut pada bulan Maret dengan harga rata-rata 21.800 dolar AS (Rp325 jutaan) per BTC. Sisa Bitcoin yang belum terjual diperkirakan bernilai lebih dari 1,14 miliar dolar AS (Rp17 triliun) dengan harga saat ini sebesar 27.588 dolar AS (Rp411 jutaan) per BTC.

Sun adalah seorang pengusaha dan investor kripto yang terkenal dengan proyeknya Tron (TRX), sebuah platform blockchain yang mendukung aplikasi terdesentralisasi dan token digital. Sun juga dikenal sebagai pembeli pertama NFT Beeple seharga 69 juta dolar AS (setara Rp1 triliun) dan sebagai pemilik BitTorrent, sebuah protokol berbagi file peer-to-peer. BitTorrent juga memiliki token aslinya sendiri, yaitu BTT.