Pendiri TRX Justin Sun Mengakhiri Masa Jabatannya sebagai Duta Besar Grenada untuk WTO
Pendiri TRON Justin Sun. (Foto; Dok. Coinkolik)

Bagikan:

JAKARTA - Justin Sun, pendiri platform blockchain Tron, telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Duta Besar Grenada untuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada 31 Maret lalu.

Sun diangkat untuk jabatan tersebut pada Desember 2021, setelah mendapatkan persetujuan dari WTO dan pemerintah Grenada. Sun mengatakan bahwa ia ingin memanfaatkan pengalamannya di bidang teknologi digital dan ekonomi digital untuk mendukung perkembangan Grenada dan negara-negara tetangganya di kawasan Karibia.

Masa jabatan Sun sebagai diplomatik berakhir setelah SEC menuduh bos Tron melakukan kecurangan dan manipulasi pasar. SEC menggugat Sun dan beberapa selebriti lainnya, termasuk Lindsay Lohan, Jake Paul, dan Soulja Boy, atas peran mereka dalam penjualan token TRX dan BTT yang tidak terdaftar, yang dianggap sebagai sekuritas oleh SEC.

SEC juga menuduh Sun melakukan wash trading, yaitu meningkatkan volume perdagangan aset secara palsu. Sun membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa ia akan terus membangun sistem keuangan yang paling terdesentralisasi.

Dalam serangkaian cuitannya di Twitter, Sun mengumumkan akhir masa jabatannya sebagai perwakilan Grenada untuk WTO, yang berlaku pada Jumat, 31 Maret 2023. Sun menyatakan bahwa ia memperoleh pengalaman berharga selama masa jabatannya sebagai duta besar, dan berhasil memperoleh wawasan dan pandangan mengenai berbagai isu perdagangan melalui interaksinya dengan perwakilan dari seluruh dunia.

 Dengan status diplomatiknya sudah berakhir, pendiri Tron mengatakan ia sedang bersiap-siap menyerahkan jabatannya kepada penggantinya, dengan rencana untuk fokus pada regulasi kripto dan ekonomi digital.

"Dalam beberapa bulan mendatang, saya akan fokus pada transisi tugas saya ke pengganti saya. Selanjutnya, saya berencana untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan karir saya sebagai seorang pegawai negeri, dengan fokus khusus pada ekonomi digital dan regulasi kripto, karena saya percaya bahwa area ini sangat penting bagi masa depan perdagangan dan pembangunan," kata Sun dilansir dari CryptoPotato.