Ketua SEC Gary Gensler Akan Tampil di Sidang Kongres untuk Bahas Kejelasan Regulasi Kripto
Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Gary Gensler. (Foto; Dok. Cryptheory)

Bagikan:

JAKARTA - Masalah kejelasan regulasi kripto di AS kian santer diperbincangkan berbagai kalangan termasuk pelaku industri kripto, komunitas kripto, maupun pemerintah. Baru-baru ini, ketidakpuasan muncul di antara industri kripto terhadap tindakan SEC yang dianggap menerapkan "regulasi dengan penegakan hukum" yang menindak perusahaan dan orang-orang terkait dengan kripto.

Gary Gensler, Ketua SEC AS, dijadwalkan akan muncul di depan Komite House Appropriations Congress pada hari Rabu. Ini akan menjadi penampilan pertamanya sejak masa sidang Kongres ini dimulai. Beberapa tindakan regulasi oleh SEC terhadap industri kripto telah dikritik oleh industri karena dianggap terlalu keras.

Tindakan "regulasi dengan penegakan hukum" ini dilakukan oleh agensi untuk mengawasi industri kripto yang menjadi pusat perhatian. Selain itu, agensi ini juga memimpin rencana terkoordinasi dengan regulator lain untuk memotong hubungan cryptocurrency dengan sektor perbankan dan mengekang industri aset digital tersebut.

Menurut Eleanor Terrett, Gary Gensler dijadwalkan untuk muncul di depan Komite House Appropriations Congress pada Rabu pekan depan. Ini akan menjadi penampilan pertamanya dalam sidang Kongres ini. Selain itu, pada tanggal 29 Maret, Gary Gensler juga dijadwalkan akan menjadi saksi dalam subkomite Keuangan dan Pemerintahan Umum. Dia akan membahas persyaratan anggaran SEC untuk tahun fiskal 2024.

Faktor-faktor seperti krisis perbankan yang terus berlanjut dan peningkatan neraca Federal Reserve dalam upaya untuk menangani krisis diperkirakan akan berdampak pada pendanaan untuk SEC. Di bawah kepemimpinan Gary Gensler, SEC telah menggugat pendiri Tron, Justin Sun, karena menjual sekuritas yang tidak terdaftar, dan juga mengirimkan Wells Notice ke Coinbase terkait layanan penjualan dan staking sekuritas.

Penampilan Gary Gensler di depan Kongres pada pekan depan akan menentukan arah kebijakan yang akan diambil oleh SEC dalam mengatur industri kripto di masa depan. Para pengamat akan memperhatikan dengan cermat bagaimana SEC mempertahankan posisinya dalam kasus-kasus hukum yang sedang berlangsung saat ini. Selain itu, pertemuan tersebut juga akan memberikan gambaran tentang rencana anggaran dan pengeluaran SEC untuk tahun fiskal 2024.

Industri kripto di AS masih menunggu kepastian dalam hal regulasi, dan penampilan Gary Gensler di depan Kongres akan menjadi titik fokus perhatian. Para pemangku kepentingan akan memperhatikan dengan cermat untuk mengetahui arah kebijakan dan sikap SEC terhadap industri kripto di masa depan.