Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS: Investor Terra LUNA Tidak Dilindungi!
Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS, Gary Gensler. (foto: twitter @garygensler)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler ingin mempercepat penegakan regulasi kripto. Dia meminta penambahan anggaran untuk SEC ke Kongres AS. Gensler menjelaskan bahwa SEC memerlukan SDM tambahan supaya bisa mengawasi sektor aset digital dengan lebih baik.

Dilansir dari U.Today, SEC mencari anggaran sebesar 2,15 miliar  dolar AS (sekitar Rp 31,7 triliun) untuk tahun fiskal yang berakhir 30 Juni 2023, yang merupakan 240 juta dolar AS (setara Rp3,6 miliar) lebih banyak daripada yang dicari pada tahun 2022.

Bos SEC juga mendesak bursa kripto untuk mendaftar ke agensi. Selain itu, Gensler juga mengemukakan ledakan proyek Terra selama kesaksian kongresnya untuk menggarisbawahi fakta bahwa publik tidak dilindungi.

Perlu disebutkan bahwa SEC telah menggugat Terraform Labs atas sekuritas sintetis. Do Kwon, salah satu pendiri kontroversial dari proyek bermasalah, terkenal dengan panggilan pengadilan pada konferensi cryptocurrency populer pada bulan Oktober, yang mengakibatkan reaksi balik di dalam industri.

Bulan ini, Kwon mendapat kecaman karena kesalahan penanganannya terhadap keruntuhan Terra, yang memiskinkan sejumlah besar pemegang LUNA dan UST.

Seperti dilansir U.Today, Gensler mengatakan bahwa stablecoin “mungkin merupakan sekuritas” selama sidang kongres lain yang berlangsung pada bulan Mei.

Permintaan Gensler untuk meningkatkan pendanaan telah menarik beberapa kritik. Anggota Kongres Tom Emmer mengecamnya karena menggunakan semua dana SEC untuk menindak keras kripto.