Gary Gensler: Tidak Ada Alasan Perlakukan Kripto dengan Cara Khusus Meski Gunakan Teknologi yang Berbeda
Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa-Gary Gensler (Reuters)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler berupaya meningkatkan perlindungan investor kripto. Menurutnya, investor retail kripto juga harus mendapat perlindungan yang sama, jadi tidak hanya investor institusional saja. Pasalnya saat ini baru investor aset tradisional saja yang mendapat perlindungan dari pemerintah.

Upaya memperluas perlindungan investor ini disampaikan Gensler dalam acara Konferensi Asosiasi Pasar Modal Penn Law. Dia meminta SEC untuk mengeksplorasi agar platform kripto terdaftar dengan cara membuat mereka tunduk pada kerangka peraturan yang sama dengan bursa saham.

Dilansir dari Cointelegraph, ketua SEC mengatakan staf agensi dapat bekerja untuk mengatasi kejelasan peraturan di ruang kripto dengan mempertimbangkan bagaimana mendaftarkan platform “di mana perdagangan sekuritas dan non-surat berharga terjalin” dan apakah investor ritel kripto harus mendapat perlakukan yang sama yakni perlindungan seperti yang ada di pasar tradisional.

“Kripto mungkin menawarkan cara baru bagi pengusaha untuk meningkatkan modal dan bagi investor untuk berdagang, tetapi kami masih membutuhkan investor dan perlindungan pasar,” pungkas Gensler.

“Kami sudah memiliki cara yang kuat untuk melindungi investor yang berdagang di platform. Dan, kami memiliki cara yang kuat untuk melindungi investor ketika pengusaha ingin mengumpulkan uang dari publik. Kita harus menerapkan perlindungan yang sama ini di pasar kripto,” tambahnya.

Lebih lanjut Gensler menegaskan bahwa pasar kripto harus pendapat perlakuan yang sama dengan pasar aset tradisional kendati cryptocurrency menggunakan teknologi yang berbeda.

 “Tidak ada alasan untuk memperlakukan pasar kripto secara berbeda hanya karena teknologi yang digunakan berbeda,”  ucapnya.

Ketua SEC mendesak proyek kripto untuk mendaftar, yang mana hal ini ditujukan untuk memberi kepastian bahwa investor retail kripto mendapat perlindungan yang setara.

Terkait