Ketua SEC Gary Gensler Sebut Pihaknya Berkoordinasi dengan Berbagai Bursa Kripto untuk Lindungi Para Investor
Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS Gery Gansler (Bitcoin.com News)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah perseteruan Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) dengan Ripple (XRP), Ketua SEC Gary Gensler menyatakan bahwa pihaknya memang harus berkomunikasi dengan bursa kripto untuk memberika kepastian aturan terkait berbagai aset digital yang ada. Selain itu, Gensler juga menyatakan bahwa upaya tersebut ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada para investor kripto.

Pernyataan tersebut disampaikan Gensler dalam wawancara dengan Bloomberg sebagaimana dilansir dari Cryptopotato. Gensler menyatakan pihaknya tidak berupaya menghakimi pihak mana pun, hanya saja “terdapat banyak token kripto yang diberikan atribut sekuritas.”

Dia melanjutkan bahwa token-token tersebut mengumpulkan uang dari publik. SEC berupaya melakukan sejumlah tindakan dengan bekerjasama dengan platform kripto. Ini ditujukan untuk menyesuaikan aturan SEC yang berupaya melindungi investor.

“Mereka mengumpulkan uang dari publik dan publik mengantisipasi keuntungan berdasarkan upaya orang lain, jadi kami telah melakukan sejumlah tindakan. Kami mencoba bekerja dengan berbagai platform kripto, bursa, platform pinjaman untuk masuk, mendata, supaya kami bisa menyesuaikan aturan kami untuk memberikan perlindungan investor...” ujarnya.

Selain itu, Gensler menyatakan bahwa platform kripto kemungkinan besar memberikan akses ke sekuritas yang tidak terdafar dan memerlukan pembaruan regulasi. Dia berpendapat bahwa perusahaan di industri kripto harus mengambil inisiatif untuk menjalin komunikasi dengan SEC guna memastikan kepatuhan kepada peraturan yang berlaku.

“Jika Anda punya sebuah platform (kripto) dan Anda memiliki 75 atau 100 (token), atau kadang-kadang 5.000 token di platform itu, kemungkinannya adalah beberapa dari mereka dan mungkin banyak dari mereka yang disebut sekuritas...” papar Gensler.

Ketua SEC tersebut menambahkan bahwa regulator bisa saja menerapkan aturan yang lebih ketat. Kendati demikian, Gensler menyebut akan lebih baik jika platform atau bursa kripto bekerjasama dengan SEC guna mematuhi undang-undang yang terkait sekuritas.

“Hal tersebut berujung pada ini: apakah Anda mengumpulkan uang dari publik dan keuntungan yang diharapkan publik berdasarkan upaya orang lain? Pendahulu saya Jay Clayton, agensi yang saya pimpin dengan terhormat saat ini, akan mencoba untuk memberikan perlindungan kepada investor dan jika itu berarti menuntut tindakan penegakan yang lebih ketat, kami akan melakukannya, tetapi akan lebih baik lagi jika platform bekerjasama dengan kami dan mendapat naungan undang-undang sekuritas,” kata Gensler.