Bagikan:

JAKARTA - Gary Gensler, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), menjadi pusat perhatian dalam sebuah sidang yang berlangsung di Komite DPR AS untuk Layanan Keuangan, terkait dengan penegakan regulasi kripto yang berisiko tinggi. Sidang tersebut menyoroti ketidakmampuan Gensler dalam menjawab pertanyaan sederhana dari anggota parlemen.

Dalam sesi tersebut, Gensler dihadapkan pada serangkaian pertanyaan dari anggota parlemen, tetapi pertukaran kata dengan Perwakilan Ritchie Torres dari Bronx menjadi sorotan utama.

Pertanyaan inti adalah seputar konsep "kontrak investasi," yang menjadi elemen kunci dalam menentukan kewenangan SEC atas pasar mata uang kripto. Torres terus mendorong Gensler untuk menjelaskan apakah kontrak investasi memerlukan kontrak fisik yang sebenarnya, yang membuat Gensler kesulitan memberikan jawaban yang jelas dan ringkas. Respon yang mengelak dari Gensler selama sidang tersebut menimbulkan pertanyaan dan kritik.

Stuart Alderoty, Chief Legal Officer di Ripple, memberikan tanggapan tajam terhadap kejadian tersebut dengan mengkritik Ketua SEC yang menghindari pertanyaan dengan angkuh, bahkan menyinggung kekayaannya.

"Selama berjam-jam, Tuan Gensler dengan sombongnya menghindari pertanyaan demi pertanyaan (bahkan menertawakan betapa kayanya dia) sampai Rep Torres membawanya keluar dengan perintah hukum dan sentuhan South Bronx Street. Gensler tidak tahu apa yang menimpanya hingga semuanya terlambat,” ujar Alderoty.

Tom Emmer, seorang perwakilan parlemen AS yang lain, juga mengkritik Gensler selama dengar pendapat tersebut. Dia menuduh Ketua SEC melancarkan serangan terhadap industri mata uang kripto dan mempertanyakan ketidakberpihakan Gensler sebagai regulator.

"Tuan Gensler, terlepas dari retorika Anda selama bertahun-tahun seperti hari ini, saya yakin Anda bukan regulator yang tidak memihak. Sebaliknya, jelas sekali bahwa Anda bekerja untuk mengkonsolidasikan kekuasaan Anda sendiri, meskipun itu berarti menghancurkan peluang bagi rakyat Amerika dan, sejujurnya, masa depan keuangan negara ini," ujar Tom Emmer.

Emmer juga mengkritik Gensler atas pandangan regulasi yang lebih menyukai lembaga keuangan besar, dengan mengorbankan inovasi, kompetisi, dan kepentingan rakyat Amerika.

Gensler Sebut Kripto Penuh Penipuan

Dalam pidatonya di House Financial Services, Gensler dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada aspek pasar sekuritas aset kripto yang seharusnya membebaskan investor dan emiten dari payung hukum sekuritas.

Gensler berlindung di balik upaya pihaknya dalam memastikan kesejahteraan investor Amerika dengan dalih "ini adalah bidang yang penuh dengan penipuan dan manipulasi dan saya memperhatikan investor Amerika yang telah dirugikan oleh para pelaku fraud dan scammer."