Bagikan:

JAKARTA - BMW kini menjadi yang pertama di dunia menerima persetujuan kombinasi sistem ADAS level 2 atau BMW Highway Assistant dan level 3 dalam BMW Personal Pilot L3 pada kendaraan yang sama, yaitu Seri-7.

Artinya, sedan mewah ini menjadi tonggak sejarah dalam bidang mengemudi otonom dengan menawarkan peluang unik menikmati manfaat kedua sistem pada mobil yang sama.

“Kami menetapkan standar baru dalam industri otomotif dengan menggabungkan kedua teknologi tersebut pada BMW Seri-7 baru,” kata Senior Vice President Driving Experience BMW Group Dr. Mihiar Ayoubi, dikutip dari laman resmi merek, Kamis, 27 Juni.

7

BMW Highway Assistant dapat meningkatkan kenyamanan secara signifikan dalam perjalanan jarak jauh dan memiliki kemampuan mengemudi otonom dengan kecepatan 130 km/jam.

Sistem ini memiliki fungsi tambahan seperti Steering and Lane Control Assistant yang dapat digunakan dalam jalan raya dengan jalur lalu lintas yang terpisah secara struktural.

Saat fitur ini diaktifkan, pengemudi dapat melepaskan tangannya dari kemudi lebih lama dan memposisikannya dengan nyaman. Namun, pengemudi perlu memperhatikan pandangannya ke depan dan dapat mengambil alih kemudi sesuai keinginan.

Selain itu, BMW Seri-7 juga memiliki Active Lane Change Assistant berfungsi dalam melakukan manuver menyalip dan menyesuaikan kecepatan kendaraan sesuai keinginan. Ditambah lagi, pengemudi dapat memulai perubahan jalur yang disarankan oleh sistem ini hanya dengan melihat ke kaca spion luar untuk mengonfirmasinya.

Sementara itu, fitur ADAS level 3 atau BMW Personal Pilot L3 dapat membuat pengemudi melepaskan tangan dari setir kemudi dan bisa mengalihkan pandangan mereka dari jalan untuk beberapa waktu.

Fitur ini menawarkan pengalaman berkendara terbaru yang memungkinkan mobil berjalan secara otonom dengan kecepatan 60 km/jam dan mengalihkan pandangannya dari jalan. Sistem ini dapat bekerja dalam situasi tertentu, misalnya dalam kondisi lalu lintas jalan tol.

Hal ini bahkan memungkinkan pengemudi melakukan aktivitas lain di dalam mobil, seperti melakukan panggilan telepon, membaca, menulis pesan, bekerja atau streaming video. Namun, pengemudi harus selalu bersiap untuk mengambil kembali kendali dalam beberapa detik saat diminta oleh mobil, misalnya saat ada perbaikan jalan.

Kedua sistem ini akan tersedia sebagai opsional dan tersedia secara eksklusif di Jerman dengan harga 6.000 euro (Rp105,2 jutaan). Pemilik BMW Seri-7 yang telah dilengkapi BMW Personal Pilot L3 dapat menambahkan fungsi BMW Highway Assistant secara gratis mulai 24 Agustus mendatang.