Bagikan:

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan hasil penjualan positif pada Mei 2024 yakni naiknya penjualan naik hingga 22 persen.

Catatan cemerlang ini dibantu dengan meningkatnya pamor New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang. Secara lebih spesifik, penjualan model hybrid bahkan mampu mendominasi sebesar 35 persen dari total penjualan passenger Suzuki di periode yang sama.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersial pun memberikan angka positif sebesar 52 persen dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.

"Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami," kata Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R. Murdoko dalam keterangan resminya, Rabu, 26 Juni.

Jika dirinci per model yang terjual, New XL7 memimpin kategori passenger dengan peningkatan 28 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61 persen. Selain itu, di kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6 persen.

Sementara itu, All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan All New Ertiga. Dengan begitu, penjualan ini terlihat bahwa kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensinya dengan mendominasi sebesar 43 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan passenger Suzuki Indonesia.

Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin market share tertinggi yaitu sebesar 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.

Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selain kategori mobil penumpang, mobil komersial pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui komposisi penjualan mobil komersial yang mendominasi pada bulan Mei 2024, melainkan juga peningkatan penjualan hingga 26 persen jika dibanding bulan sebelumnya.

"Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk itu, Suzuki selalu berusaha untuk terus beradaptasi dan berinovasi baik untuk produk maupun layanan yang kami berikan,” tutup Randy.