Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif terus mengalami perkembangan pesat, dengan berbagai produsen mobil berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan performa yang makin canggih. Namun, di tengah gemerlap mobil masa kini, Nichols Cars hadir dengan sebuah pencapaian yang unik dan memukau, yaitu N1A.

N1A adalah mobil sport yang mengusung konsep klasik. Dibuat dengan tampilan rear-wheel-drive (RWD) yang mengambil inspirasi dari McLaren M1A, sebuah mobil prototipe balap Grup 7 dari era 1960-an. McLaren M1A sendiri adalah mobil pertama yang diproduksi oleh McLaren, dan kini mobil tersebut telah dihidupkan kembali menjadi sebuah kendaraan performa legal di jalan raya oleh Nichols Cars.

Mungkin nama Nichols Cars belum terdengar begitu familiar bagi sebagian orang, namun perusahaan ini didirikan oleh Steve Nichols, seorang desainer yang pertama kali mengimplementasikan serat karbon pada mobil-mobil Formula 1. Pengalaman Steve Nichols dalam dunia otomotif mencakup desain McLaren MP4/3 dan ikonik MP4/4 sebelum bekerja dengan Ferrari, Jaguar, Jordan, Sauber, dan akhirnya kembali ke McLaren pada akhir tahun 1990-an.

McLaren MP4/4, mobil yang juga dirancang oleh Steve Nichols, dikenal sebagai salah satu mobil Formula 1 paling sukses dalam sejarah, berhasil memenangkan 15 dari total 16 balapan di musim tak terlupakan pada tahun 1988.

Nah, sebagai penghormatan terhadap prestasi tersebut, Nichols Cars akan memproduksi N1A dalam jumlah terbatas, yaitu 100 unit yang masing-masing akan diberi nomor berurut dan semua mobil ini akan mengusung mesin V8 berkapasitas 7.0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 650 dk.

4

Mesin delapan silinder tersebut dikembangkan oleh Nichols Cars dari blok LS3 dengan sistem dry sump, throttle body drive-by-wire, piston dan conrods kustom, serta liner baja baru.

Dilansir dari Motor1, 26 Juli, mesin V8 ini akan dirakit secara manual oleh para ahli di Langford Performance Engineering (LPE), tempat di mana mesin-mesin F1 V8 dan V10 klasik sedang dipulihkan untuk mengembalikan kejayaan mereka.

Performa N1A diyakini mengesankan karena beratnya hanya 900 kilogram yang 10 persen lebih ringan dari mobil Mazda MX-5 Miata generasi ND yang merupakan salah satu mobil teringan di kelasnya. Perbandingan power-to-weight yang luar biasa hampir mencapai 700 dk, memberikan akselerasi dan kecepatan luar biasa pada mobil ini. N1A juga dilengkapi dengan kontrol traksi sebagai standar, sementara sistem ABS dan power steering menjadi pilihan yang bisa ditambahkan.

6

Dalam hal desain, N1A terinspirasi dari mobil balap klasik Can-Am, namun mobil ini memiliki lebar dan wheelbase yang lebih besar. Roda depan berukuran 19 inci dan roda belakang berukuran 20 inci dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2. Sistem suspensi depan dan belakangnya mengadopsi double wishbones dan anti-roll bars, memberikan kelincahan dan stabilitas maksimal saat melaju di lintasan.

Untuk sasis N1A menggunakan kombinasi serat karbon dan aluminium, sementara interior mobil yang berfokus pada pengemudi sangat sederhana, hanya menyertakan hal-hal esensial tanpa gangguan yang dapat mengurangi kesenangan berkendara.

Sayangnya, harga N1A belum diumumkan secara resmi. Namun, dengan segala keunikan dan keistimewaannya, N1A pastinya bukanlah mobil yang murah. Diperkirakan mobil ini akan menarik perhatian para penggemar otomotif sejati yang menginginkan pengalaman berkendara yang otentik dan penuh gairah di balik kemudi.