Bagikan:

JAKARTA - Dunia kustom motor kembali disuguhi karya terbaru dari sang maestro, Paul Yaffe. Kali ini, Yaffe menyulap BMW R 18 Transcontinental menjadi tunggangan bernapaskan hot rod klasik yang memukau mata. Motor ini baru saja dipamerkan di MBE Show Verona, Italia.

Yaffe, nama yang sudah tak asing lagi di jagat kustom, dikenal dengan tangan dinginnya menciptakan "masterpiece" bermesin. Yaffe adalah seorang desainer visioner berbekal pengalaman sejak 1991 dan segudang penghargaan dari Oakland Roadster Show hingga Sturgis Hall of Fame.

6
Kustom BMW R 18 Transcontinental dan Paul Yaffe

Dilansir dari rilis BMW Group, upaya untuk menciptakan karya ini juga tak main-main di mana sebelum memulai Yaffe menghabiskan waktu untuk mengenal karakter BMW R18 Transcontinental, ia pun berkendara sejauh 10 ribu kilometer lebih melintasi Amerika Serikat.

Karya terbarunya kali ini tak sekadar kustom biasa. BMW R 18 Transcontinental diracik ulang. Hasilnya? Perpaduan sempurna antara estetika hot rod lawas dengan DNA khas BMW. 

7

Roda depan berdiameter 26 inci hasil pahatan aluminium masif berpadu serasi dengan ban handmade 180mm. Rangka motor diperpanjang dan dimiringkan, memastikan handling tetap optimal. Tak ketinggalan, komponen-komponen kustom seperti fender baja depan, fairing depan hasil racikan sendiri, dan stang "Yaffe Monkey Bars" semakin menegaskan karakter motor ini.

7

Sentuhan hot rod klasik tak berhenti disitu. Suspensi udara dan knalpot samping menjadi elemen penting yang menyempurnakan tampilan gahar. Sistem knalpot kustom berpadu apik dengan head pipe Boxer khas BMW, menghasilkan suara gahar yang pasti bikin siapa saja menoleh.

Tak hanya itu, Yaffe juga memperhatikan detail keindahan. Finishing bodi yang halus dan mulus bagaikan kaca dibalut warna hitam glossy yang elegan. Sentuhan kontras hadir dari interior berwarna merah darah klasik pada jok dan konsol dasbor.

Untuk diketahui, Paul Yaffe adalah pendiri American Legend Motorcycle Company dan Paul Yaffe's Bagger Nation. Ia juga pemenang 3 penghargaan "Motor Tercantik Dunia" di Oakland Roadster Show. Dan motor kustomnya tampil di lebih 300 majalah, Discovery Channel, dan History Channel.