Bagikan:

JAKARTA - BMW Concept Skytop, roadster konsep yang berbasis pada M8 Cabrio Competition yang ditampilkan di Villa d'Este Concours d'Elegance pada 24 Mei, memukau semua pengunjung dengan menampilkan preview gaya dan kemasan untuk sebuah GT mewah dua tempat duduk yang menyerupai Z8 legendaris.

Ajang Villa d'Este Concours sendiri adalah perayaan tahunan di tepi Danau Como Italia menampilkan beberapa mobil termewah dan paling flamboyan yang pernah dibuat dan telah ada sejak tahun 1929.

Melansir Autonews, 27 Mei, kabar terbaru konsep ini mungkin akan diproduksi dalam jumlah terbatas antara 20 hingga 25 unit dan dipasarkan mulai tahun 2026, menurut kepala desain perusahaan tersebut.

2

Konsep klasik dengan sentuhan modern

BMW telah menghidupkan kembali semangat roadster modern Z8 yang diluncurkan pada tahun 1998 dan coupe 2+2 klasik 503 yang diluncurkan pada tahun 1956 melalui Concept Skytop.

3

Mobil atap terbuka yang mewah ini, yang dilengkapi dengan atap Targa yang dapat dilepas dan roll bar terintegrasi, digambarkan sebagai one-off design exercise namun terlihat nyaris siap untuk diproduksi. Sebelumnya, BMW menyatakan mobil ini berpotensi diproduksi massal jika mendapat penerimaan yang positif.

“BMW Concept Skytop adalah desain yang unik dan eksotis. Mobil ini menawarkan kombinasi dinamika dan keanggunan pada level tertinggi, sebanding dengan pendahulunya, seperti BMW Z8 atau BMW 503,” kata kepala desain BMW Adrian van Hooydonk pada Autocar beberapa hari lalu saat pengenalannya.

Semangat ini tercermin dalam desain Concept Skytop, yang meniru proporsi grand tourer klasik BMW, dengan kap mesin yang panjang, kabin yang berada jauh di belakang wheelbase yang panjang, dan bagasi yang landai ke bawah di bagian belakang.

2

Meskipun mengusung tradisi dalam bentuknya, sebagian besar desain two-seater ini sangat berakar pada masa kini, seperti permukaan yang halus, garis-garis elegan, pencahayaan canggih, highlight aluminium brushed dan detail keseluruhan.

Berbeda dengan tren elektrifikasi, konsep terbaru BMW ini menggunakan mesin yang oleh perusahaan disebut sebagai "mesin V8 paling bertenaga dalam portofolio drivetrain BMW" – yaitu, unit 4.4 liter twin-turbocharged yang memberi tenaga pada M car paling bertenaga dan menghasilkan hingga 617 dk dalam versi paling kuatnya.