Bagikan:

JAKARTA - Tesla dikabarkan bakal meluncurkan mode Performa baru untuk Model 3 dan Model Y, sebagaimana ditemukan dalam kode pembaruan firmware terbaru.

Akun Twitter "green the only," yang  kerap membocorkan informasi Tesla lewat kode pemrograman, pada hari Minggu memposting tentang opsi "soft performance limit" (batas performa lunak) untuk Model 3 dan Y. Menurut akun tersebut, batasan ini tercantum sebagai 110 kW untuk Model 3 dan 160 kW untuk Model Y.

Temuan ini mengindikasikan bahwa Tesla berencana meluncurkan peningkatan berbayar untuk mode yang saat ini dibatasi perangkat lunak, memungkinkan pemilik untuk membayar guna mengakses daya penuh baterai.

Dilansir dari Teslarati, 27 Mei, para pakar berspekulasi bahwa langkah ini mungkin terkait dengan regulasi di pasar tertentu, seperti Singapura yang baru saja meluncurkan Model 3 RWD 110 konfigurasi yang diduga untuk memenuhi batasan output daya maksimum yang diberikan kepada kendaraan listrik (EV) di bawah 110 kW.

Namun demikian, Tesla sendiri akhir-akhir ini telah memberikan sinyal bahwa mereka mungkin mulai menawarkan peningkatan performa berbayar untuk kendaraannya.

Awal bulan ini, Elon Musk mengisyaratkan rencana masa depan Tesla untuk menawarkan peningkatan performa terbatas perangkat lunak untuk Model Y, setelah pabrikan tersebut meluncurkan konfigurasi Long Range RWD level dasar baru sebagai pengganti konfigurasi sebelumnya yang memiliki jangkauan lebih rendah.

Musk juga mengatakan bahwa peningkatan perangkat lunak tersebut akan dibanderol sekitar 1.500-2.000 dolar AS (sekitar Rp24 juta-Rp32 juta) dan akan menawarkan jangkauan tambahan 40 hingga 60 mil (64-96 km), atau menyamakan beberapa model dengan varian Long Range yang baru.

Belum jelas kapan Tesla akan mulai menawarkan "soft performance limit" yang disebutkan di atas, meskipun "green the only" dikenal kerap menemukan hal-hal baru sebelum diumumkan secara resmi.