Bagikan:

JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengungkapkan adanya tantangan tersendiri, untuk mengembangan dan pasarkan kendaraan listrik disegmen commercial vehicle (CV).

Seperti diungkapkan oleh Deputy General Manager Marketing PT IAMI Rian Erlangga, ia mengatakan kalau di segmen komersial itu ada slogan yaitu CV mindset. Artinya, harus menyesuaikan kebutuhan konsumen.

"Kita harus melihat kebutuhan konsumen, contohnya kalau bicara Elf saja ada yang digunakan untuk dump dan box, tapi itu beda orang," katanya, saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan kendaraan komersial listrik tidak bisa ditebak atau monitor lebih lanjut. Sebab kebutuhannya bisa dibilang cukup beragam. Seperti pergi membawa barang ikan, dan pulang bisa membawa barang lainya.

"Tantangannya karena segmen CV ini bisa beragam, jadi tentu kita ingin tahu nanti kendaraan yang disiapkan oleh Isuzu bisa mengakomodir semua itu," tambahnya.

Selain yang disebutkan di atas, infrastruktur juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab CV membutuhkan jarak yang jauh.

Namun demikian ia membeberkan segmen yang potensial saat ini yaitu shuttle atau transportasi umum.

"Kalau di shuttle itu kan pasti jelas, bawa apa, titiknya juga jelas menuju kemana. Jadi, bisa melakukan charging setelah beberapa rute, dan itu yang potensial.