Isuzu Catatkan Capaian Positif di Tahun 2023, Kuasai Pangsa Pasar Kendaraan Komersial 27,7 Persen
Isuzu ElF. (Dok. Isuzu)

Bagikan:

JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menunjukkan performa luar biasa dengan menguasai pangsa pasar kendaraan komersial sebesar 27,7 persen sepanjang tahun 2023. Meskipun pasar sedang menurun, PT IAMI berhasil mempertahankan bisnis yang berkelanjutan.

"Pada tahun 2023, kami bersyukur atas pencapaian yang sangat baik dengan memegang teguh prinsip Cautious Optimism. Meskipun menghadapi penurunan pasar, PT IAMI berhasil meningkatkan pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga sebesar 1,3 persen. Capaian ini menjadi titik referensi menuju 50 tahun keberadaan Isuzu Indonesia yang akan terus berkembang di level selanjutnya," ungkap Yusak Kristian Solaeman, President Director PT IAMI, dalam keterangannya, Jumat, 26 Januari.

Kepercayaan konsumen pada tahun 2023 tercermin dalam penjualan retail PT IAMI yang mencapai 30.085 unit kendaraan, setara dengan 27,7 persen dari total pasar kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menjadi produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit, diikuti oleh Isuzu Traga dengan lebih dari 11 ribu unit.

Namun, peningkatan persentase yang signifikan terjadi pada Isuzu GIGA dari sektor komersial, dengan kenaikan sebesar 34,5 persen, dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen. Secara market share, Isuzu GIGA meningkat 4 persen menjadi 17 persen.

Prestasi positif yang diraih pada tahun 2023 menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut-turut, dengan peningkatan pangsa pasar sebesar 4,0 persen. Suku cadang juga mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen, menjadi pencapaian terbaru Isuzu di Indonesia.

Keberhasilan PT IAMI, entitas yang merupakan bagian dari ASTRA International, pada tahun 2023 tidak lepas dari kontribusi perusahaan yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1974. PT IAMI terus mendukung ekosistem bisnis Indonesia dengan menyediakan solusi mobilitas melalui kendaraan bermotor dengan harga kompetitif dan biaya operasional yang efisien, sesuai dengan kebutuhan konsumen setia.

Dalam hampir 50 tahun berada di tengah masyarakat Indonesia, PT IAMI telah melayani jutaan konsumen dari Sabang sampai Merauke, mendukung kemajuan perekonomian, bisnis, dan perdagangan melalui inovasi yang terus dikembangkan.

Isuzu hadir dengan tiga produk andalannya, yakni Isuzu Elf, Isuzu Traga, dan Isuzu Giga, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendukung aktivitas usaha, bisnis, atau kebutuhan sehari-hari secara efektif, efisien, dan terjangkau dari berbagai aspek.

Kunci keberhasilan bisnis PT IAMI selama 50 tahun adalah menyajikan harga yang kompetitif, menyediakan kendaraan yang sesuai, dan efisiensi biaya operasional yang baik. Seluruh kendaraan yang ditawarkan juga didukung oleh layanan purna jual melalui penyediaan kendaraan servis dan suku cadang yang lengkap, mudah, dan cepat. Isuzu mengapresiasi para konsumen yang menjadikan mereka sebagai mitra perjalanan yang sesungguhnya.