Mobil Listrik Subaru Solterra 2024 Miliki Banyak Pembaruan, Tanpa Kenaikan Harga
Subaru Solterra EV 2024. (Dok. Subaru)

Bagikan:

JAKARTA - Subaru Amerika resmi mengumumkan SUV Solterra 2024 serba listrik yang disempurnakan, dengan berbagai fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan, keselamatan pengemudi hingga keserbagunaan.

Menariknya, berdasarkan keterangan resminya Jumat, 26 Januari, meski banyak peningkatan yang dihadirkan namun harganya tidak naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Subaru Solterra 2024 tersedia dalam level trim Premium, Limited, dan Touring dan dibanderol mulai dari 44.995 dolar AS atau kisaran Rp712 jutaan, belum termasuk pajak.

Lebih detail peningkatan yang dihadirkan, SUV serba listrik ini mencakup roda kemudi yang didesain ulang yang mendapat tombol pengereman regeneratif, peningkatan kinerja pengisian daya berkat pengkondisian baterai yang lebih efisien, dan rel atap standar dengan kapasitas beban statis hingga 700 pon.

Selain itu, setiap model Solterra menggunakan sistem Penggerak Semua Roda Simetris Subaru dan Teknologi Subaru StarDrive, yang menghasilkan output linier dan mulus dari motor listrik ganda yang ditempatkan di gandar depan dan belakang.

9

Selanjutnya, Semua model Solterra dilengkapi dengan Dual-Function X-MODE, terdiri dari Snow, Deep Snow dan Snow Mud dengan grip kontrol serta Downhill Assist Control untuk meningkatkan kinerja dalam kondisi cengkeraman rendah dan off-road.

Setiap Solterra memiliki ground clearance 8,3 inci untuk kemampuan off-road, ciri khas Subaru dan yang terbaik di kelasnya di antara SUV listrik kecil, serta dilengkapi dengan Active Cornering Assist standar serta Kontrol Stabilitas Kendaraan untuk stabilitas dan penanganan di jalan yang lebih baik.

Paket baterai lithium-ion berkapasitas tinggi Solterra mencakup banyak jangkauan harian yang dapat digunakan dengan peningkatan pada kemampuan pengisian cepatnya. Solterra 2024 dapat mengisi ulang baterainya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 35 menit, dengan indikator status pengisian daya yang menampilkan perkiraan waktu hingga 80 atau 100 persen. Berkat sistem pengkondisian baterai yang ditingkatkan, Solterra 2024 dapat mengisi daya pada suhu di bawah titik beku secara signifikan lebih cepat dibandingkan pendahulunya, hingga 80 menit lebih cepat dalam kondisi tertentu.

Dengan ribuan stasiun pengisian daya umum yang tersedia dan dapat diakses, serta pengisian cepat DC, mengisi daya Solterra jauh dari rumah kini lebih cepat dan mudah. Di rumah, Solterra menawarkan kompatibilitas pengisian daya Level 1 atau Level 2 yang terjangkau.

Hal lain yang baru pada Solterra 2024 yaitu fitur bantuan pengemudi canggih Subaru EyeSight baru, yang belum ditemukan pada kendaraan Subaru lainnya. Bahkan menariknya, mobil ini dapat berpindah jalur sesuai perintah dengan mengaktifkan lampu sein, dan penambahan Front Cross Traffic Alert membuat perjalanan ke persimpangan menjadi lebih aman dengan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan.

Terlebih lagi, Blind Spot Monitor, Deteksi Kamera Belakang dengan Peringatan Pejalan Kaki, Dynamic Radar Cruise Control dengan Lane Tracing dan Road Sign Assist, ditambah DriverFocus Distraction Mitigation System yang baru ditambahkan, semuanya membantu menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang di jalan.

Untuk menambah kenyamanan, Solterra tersedia dengan layar sentuh resolusi tinggi 12,3 inci untuk infotainment, dengan kompatibilitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, menambah kenyamanan Solterra 2024 mencakup lima titik pengisian daya USB, satu koneksi USB-A dan dua koneksi USB-C untuk penumpang di kursi depan, dua titik pengisian daya USB-C untuk pengendara di kursi belakang. Pengisi daya telepon nirkabel disertakan pada level trim Solterra Limited dan Touring.